Tingkatkan Jiwa Nasionalisme, Babinsa Koramil 1604-06/Batakte Gelar Wasbang

0 19

BATAKTE, FLOBAMORA-SPOT.COM – Guna menumbuh kembangkan jiwa patriotik dan cinta tanah air kepada generasi muda bangsa, Anggota Babinsa Koramil 1604-06/Batakte Kodim 1604/Kupang Serma Patrai dan Serda Yunus Tasesab memberikan pelajaran Wawasan Kebangsaan (Wasbang) dan Nasionalisme kepada siswa-siswi Sekolah Menengah Atas Negeri Keberbakatan Olahraga (SMANKO) FLOBAMORATA, Senin (14-09-2020).

 

Serma Patrai mengungkapkan Sebagai Babinsa mempunyai kewajiban moral terhadap pembinaan kepada generasi muda yang rentan pengaruh negatif akibat pergaulan dan modernisasi zaman. Salah satu upaya yang dilakukan agar para generasi muda bangsa memiliki karakter kebangsaan yang kokoh dalam menghadapi perkembangan dan kemajuan zaman, sehingga nilai-nilai luhur bangsa tidak tergerus oleh arus modernisasi sekarang ini.

 

“Sehingga nilai-nilai kebangsaan tidak luntur dan memudar dari diri mereka. Untuk itu sangat perlu pemberian dan pemahaman materi wawasan kebangsaan dan bela negara untuk tetap cinta terhadap tanah airnya, Oleh karenanya, pembekalan wasbang ini sangat perlu bagi generasi muda,” tutur Babinsa.

 

“Dengan memiliki wawasan kebangsaan yang lebih baik diharapkan para siswa-siswi sebagai generasi penerus bangsa dapat meningkatkan jiwa nasionalisme serta menumbuhkan rasa cintanya terhadap tanah air,” terang Serma Patrai.

 

“Tidak hanya Wasbang, kami juga melaksanakan kegiatan literasi lingkungan, belajar diluar kelas, sosilisasi dengan masyarakat dan karya bakti pembersihan Lantai Batu Burung di Dusun Oebali RT. 013 RW. 008 Dusun 04, Desa Bone, Kecamatan Nekamese, Kabupaten Kupang,” tambahnya.

 

Koordinator Guru (SMANKO) FLOBAMORATA Bidang Studi Sosiologi Bpk. Idris M. Ali, S. Sos., M.Si. mengapresiasi langkah dan upaya Babinsa dalam memberikan materi bela negara, agar para siswa-siswi ini menjadi remaja yang tumbuh mempunyai sikap cinta terhadap tanah airnya dan rela membela negaranya.

 

“Terima kasih banyak kepada Babinsa Koramil 1604-06/Batakte yang telah meluangkan waktunya untuk membantu mengajar wawasan kebangsaan di sekolah kami. Dengan hadirnya Babinsa yang ikut membantu mengajar seperti ini kami dari pihak sekolah benar-benar merasa terbantu dan sangat berterima kasih,” pungkasnya. (Pendim1604/Kupang)