Ada Empaty Dari GEKIRA untuk Korban Bencana Seroja NTT

  • Bagikan

KUPANG, FLOBAMORA-SPOT.COM – Gerakan Kristiani Indonesia Raya (GEKIRA) sebagai salah satu organisasi sayap Partai Gerindra melakukan aksi berbagi kasih untuk korban bencana siklon tropis Seroja di Kota Kupang dan Kabupaten Kupang. Aksi yang dilakukan sebagai ungkapan turut merasakan apa yang dirasakan para korban (empaty) ini dilakukan pada Selasa, (12/4/21) di beberapa titik yakni di Paroki Katedral Kristus Raja Kupang, warga pengungsi di RT 32 RW 11 Petuk Kelurahan Kolhua, umat di Kapela Noelsinas dan warga Belo.

 

Ketua Umum PP Gekira, Fary Francis menjelaskan bahwa aksi Gekira kali ini adalah respon terhadap terjadinya bencana seroja di NTT. Aksi Gekira ini dibuat di beberapa kabupaten terdampak seroja seperti di Kabupaten Malaka, Kabupaten Kupang, Kota Kupang, Kabupaten Alor, Kabupaten Flores Timur dan Lembata.

 

Koordinator aksi Gekira wilayah NTT, Isidorus Lilijawa yang juga merupakan pengurus pusat Gekira mengatakan ada 4 titik yang hari ini mendapatkan kunjungan Gekira.

 

“Gekira fokus pada tempat atau para korban yang belum terjangkau atau mendapat bantuan. Kami berkomunikasi dengan para tokoh agama dan tokoh umat, juga aparat pemerintah untuk mendapatkan data terkait para korban yang memang belum mendapatkan perhatian”, kata Farry.

 

Dalam komunikasi dengan Pastor Paroki Katedral, RD Ambros Ladjar, didapat informasi bahwa ada umat yang membutuhkan bantuan.

 

“Makanya kami merespons ke sana. Demikian pun dari komunikasi dengan Lurah Kolhua, diperoleh informasi bahwa ada 8 KK yang mengungsi di SD GMIT Setia Kuasaet. Atas dasar info itu, kami langsung ke lokasi bersama bapak Lurah dan memberikan bantuan sembako. Kondisi warga yang mengungsi memang butuh perhatian dan bantuan”, tambahnya.

Ino Huwa, Ketua Stasi Kapela St. Maria Fatima Noelsinas merasa bersyukur atas kunjungan Gekira dan bisa berbagi kasih dengan umatnya.

“Terima kasih untuk perhatian Gekira. Secara khusus kepada Bapak Fary Francis yang terus memberi perhatian kepada kami warga di Kecamatan Nekamese ini. Salam hormat kami untuk beliau di Jakarta”, ucap dia.

Hal senada diungkapkan Gregor Takene, tokoh umat Kapela St. Agustinas Belo. Baginya Gekira sudah hadir langsung meringankan beban warga.

 

“Kami ucapkan terima kasih untuk Gekira. Datang mengunjungi kami secara langsung di tempat ini adalah penghargaan buat kami. Besar kecilnya donasi, pasti bermanfaat bagi kami”, kata dia.

 

Isidorus Lilijawa menjelaskan aksi Gekira kali ini lebih fokus pada bantuan sembako untuk para korban.

 

“Memang jumlahnya tidak banyak. Tetapi kami yakin ada manfaatnya untuk warga atau umat”, jelasnya.

 

Selanjutnya, Gekira dalam kerja sama dengan Kesira, organisasi sayap Partai Gerindra yang menangani kesehatan akan melakukan aksi merespons pasca bencana melalui pemulihan kesehatan, trauma healing dengan mengirimkan tim medis ke lokasi terdampak. (G).

  • Bagikan