Pantai Teres, Surga Tersembunyi di Batas Negri 

0 13.093

 

 

pesona Pantai Teres kelURAHAN bURAEN, kECAMATAN aMARASI sELATAN, KABUPATEN KUPANG

AMARASI SELATAN, FLOBAMORA-SPOT.COM – Pemerintah Kabupaten Kupang di bawah kepemimpinan Bupati Korinus Masneno dan Wakil Bupati Jerry Manafe, mengusung 5 Program unggulan yang dikemas dalam Tagline “Revolusi 5P” (Pertanian, Peternakan, perkebunan, Perikanan dan kelautan serta “P” yang terakhir Pariwisata).

Dalam Edisi ini, Flobamora-spot.com akan mengangkat Pariwisata sesuai tekad portal berita media ini sejak awal hadir sebagai salah satu media yang memilih fokus utama pemberitaan di bidang Pariwisata. Tentunya  mendukung Pemerintah untuk memperkenalkan Pariwisata Kabupaten Kupang baik lokal, nasional maupun dunia Internasional.

Kami memulai langkah awal dengan mengangkat obyek wisata Pantai Teres, obyek wisata berkelas dunia di batas negeri sebagai sorotan utama dan beberapa Pantai Wisata yang kami ulas dalam tulisan ini hanya untuk memberi informasi kepada anda bahwa Kabupaten Kupang kaya akan wisata pantai.

Mungkin banyak orang belum mengenal pantai Teres. Termasuk anda yang membaca tulisan ini. Tapi itu dulu karena saat ini semua mudah didapat lewat media social semisal Facebook, Instagram, WhatsApp, twitter dan lainnya. Rasa penasaran akan muncul manakala anda menyaksikan foto Pantai Teres yang diupload oleh teman anda, karena pantai Teres menawarkan panorama alam yang cantik bak Nyai Roro Kidul, sang ratu pantai Selatan yang aduhai seksinya. Benar-benar Surga di batas negri. Saya sebut Surga di batas negri karena berhadapan dengan pantai Teres, atau di sebrang laut ada Negri Kanguru, Australia.

Berada di wilayah Kelurahan Buraen, Kecamatan Amarasi Selatan Kabupaten Kupang pantai ini dulu sangat sulit dijangkau, karena infrastruktur jalan yang buruk, namun,sejak Tahun 2015  jalan menuju area wisata ini mulai dibangun oleh Kementerian Pekerjaan Umum (PU) melalui dana APBN tahun 2015 dan APBNP 2014 sepanjang 21 Kilo Meter (KM) sepanjang pantai.

Memang masih ada 6 km jalan masuk dari Radar Buraen yang masih parah namun bisa dilalui.

Di Pantai Teres ada banyak sekali yang bisa kita nikmati, mulai dari pantainya hingga laut Pantai Selatan yang indah dan bersih, juga bukit terjal dan hutan pegunungan, sangat cocok untuk area berkemah dan hiking. Tidak hanya itu, sepanjang perjalanan menuju tempat ini kita disuguhi oleh keindahan alam pengunungan. bisa menikmati pegunungan yang membentang hingga ke Amarasi Selatan dan Amarasi Barat.

Selain memiliki pasir dan bebatuan putih, di pantai ini juga terdapat berbagai bentuk batu karang yang memiliki tekstur unik, diantaranya; ada batu yang mirip Meja dengan ukuran sekitar 2 x 4 meter (fautmuti ), ada juga batu unik yang menurut informasi yang beredar batu ini mengandung daya magic yang kuat (Faut Braon/ batu braun).

Batu Beraun & Pantai Teres

Kehadiran Batu Braun (faut Braun bahasa local-red) melengkapi keinginan anda untuk menikmati Pantai Teres, karena dari atas Batu Braun anda dapat menjelajahi seluruh pantai Teres. Benar-benar obyek wisata berkelas dunia. sejak 5 tahun terakhir obyek wisata ini terkenal dan dikunjungi wisatawan baik dalam negri / domestic maupun wisatawan Mancanegara.

Menikmati Pantai Teres berjarak 3 kilometer dari atas puncak gunung batu membuat anda tidak akan beranjak dari bukit batu ini. Andapun tak  menyia-nyiakan kesempatan untuk berekspresi dengan berselfie bersama kekasih atau orang dekat anda. Suasana indah akan makin terasa mana kala anda memasuki pantai Teres dengan pasir putih dan gulungan ombak menghempas bibir pantai. Pantai ini memiliki beberapa teluk yang tak kalah menarik, tampak pepohonan dan sedikit batu karang memperindah pantai  yang berbatasan dengan Amarasi Timur itu.

Jarak Tempuh

Kedua obyek wisata di Pantai Selatan Kabupaten Kupang ini berjarak kurang – lebih 50 km dari Kota Kupang (pusat ibukota Provinsi NTT) dan ditempuh dalam waktu 2 jam dengan kendaraan pribadi. Anda bisa juga menuju ke sana dengan kendaraan umum atau rent car. Soal harga bisa diatur bersama pemilik kendaraan. Bervariasi harga rental ada yang mematok harga rp. 250.000/hari, ada juga yang lebih tergantung bagaimana anda nego. Atau anda hubungi saja resepsionist Hotel tempat anda menginap.

 

Rute menuju Pantai Teres

 

Jika Anda ingin ke Pantai Teres, bisa melalui rute Kupang – Oesao – Oekabiti – Buraen dengan waktu tempuh sekitar 2 jam. Persiapkan bekal yang cukup sebab, di Pantai Teres belum ada kios atau warung makan. Ini yang paling penting, begitu sampai di Kelurahan jangan lupa melapor kepada Aparat Pemerintah Setempat. Di sana tidak ada hotel atau sejenisnya yang ada cuma rumah warga. Untuk akomodasi selama di Pantai Teres kita bisa numpang bersama warga setempat. Mereka sangat senang menerima tamu juga sangat ramah.

Setelah pantai Teres kami juga menyuguhkan informasi tentang beberapa pantai lain untuk memberikan referensi kepada anda.

 

Pantai Tablolong

pantai-tablolong

Selain Pantai Teres, kami hadirkan juga Pantai Tablolong yang berada di bagian barat wilayah Kabupaten Kupang. Kabupaten dengan 160 desa, 17 Kelurahan dan  24 Kecamatan itu, memiliki banyak pantai yang sayang kalau anda lewatkan. Salah satunya Pantai Tablolong. Pantai ini memiliki hamparan pasir yang yang indah, terletak di Kecamatan Kupang Barat. Di sekitar Pantai terdapat perkampungan nelayan. Pantai ini merupakan salah satu perairan  di Kabupaten Kupang yang merupakan tempat pelaksanaan olaraga pancing baik berskala tradisional maupun internasional. Turnamen ini sering di laksanakan setiap tahun. Perpaduan hamparan pasir putih dan birunya langit menambah keelokan Pantai Tablolong. Selain berenang ataupun bermain air, pengunjung dapat bersantai ria di lopo (sejenis bale-bale/ gazebo) sambil menikmati hembusan angin pantai. Tentu anda harus nego dengan Pengelola untuk menyepakati harga per Lopo, karena masih dikelola oleh masyarakat setempat. Tak jauh dari lokasi pantai terdapat sebuah rawa tempat budidaya ikan oleh masyarakat setempat. Tablolong juga dihiasi oleh adanya Pohon Centigi (Pempis Acidula) yang tumbuh liar di sekitaran bebatuan karang, dan merupakan sebuah tanaman golongan perdu yang banyak diburu orang karena keunikannya.

Belum ada kendaraan umum melayani rute Kupang-Tablolong. Wilayah ini hanya bisa dicapai dengan menggunakan kendaraan pribadi atau sewaan selama satu jam. Jarak tempuh ± 30 km dari Kota Kupang.

Dari gerbang, masih harus berkendara sekitar 500 meter lagi sebelum tiba di pantai. Setelah ongkos parkir kendaraan Rp. 2. 000 anda bisa masuk ke pantai ini. Di sekitar pantai juga terdapat warung makanan dan fasilitas penunjang lainnya seperti toilet, kamar ganti serta sarana bermain untuk anak-anak. Bagi pengunjung yang berniat bermalam di sekitar pantai tenang saja, karena di bagian barat pantai terdapat sebuah penginapan sejenis vila. Untuk tarifnya cukup mahal sehingga tak heran hanya sedikit wisatawan lokal yang menginap di sana dan selebihnya hanya turis mancanegara saja.

Pantai Puru

Pantai Puru

Pantai ini terletak di  Desa Merbaun, Kecamatan Amarasi Barat Kabupaten Kupang. Pantai yang berjarak 11 km dari pasar Baun atau 36 km dari Kota Kupang ini selalu ramai dikunjungi setiap akhir pekan. Cukup 1 jam perjalanan dari kota Kupang lokasi yang kini telah dimudahkan dengan akses jalan sampai ke pantai ini dapat dikunjungi dengan kendaraan pribadi. Dengan kendaraan roda 2, sambil berjalan santai melewati ikanfoti terus menuju desa Baun dengan kecepatan rata-rata cuma 25 km/jam tak terlalu rasa telah sampai di pantai yang eksotik nan indah ini kurang lebih 1 jam 15 menit.
fasilitas yang terasedia berupa Parkiran kendaraan yang telah tertata rapi dan kedai-kedai makan dan minuman ringan serta lopo – lopo peristirahatan pun kian banyak dibangun untuk menarik pengunjung yang ingin berakhir pekan. Dengan suasana pantai yang bersih dan relatif aman untuk berenang serta  menikmati keindahan alam pemberian Sang Pencipta, dengan berbagai aktivitas dilakukan seperti, berenang, memancing, berfoto, bermain pasir, ada pula yang bermain sepak bola.

Pantai Air Cina

Segerombolan Pewarta sedang asyik menikmati Pantai Air Cina

Keindahan pantai di Indonesia memang tak bisa dipungkiri lagi. Saking indahnya, seperti kebanyakan pantai terkenal di Indonesia selalu ramai dipadati pengunjung. Tapi, di pantai yang satu ini pengunjung bisa menemukan ketenangan. Walaupun namanya Pantai Air Cina, pantai ini tidak berada di negeri Cina. Pantai ini terletak di Kupang, NTT. Pantai Air Cina saat ini ramai dikunjungi setiap hari libur atau hari Minggu.

Jauh di ujung barat pulau Timor kurang lebih, 27 Km dari Kota Kupang, NTT Anda akan sampai di Pantai Air Cina. Pantai ini bagaikan sebuah mutiara yang tersembunyi, begitulah kira-kira saya menggambarkannya. Pertama, lautan yang berwarna kebiru-biruan menjadi pemandangan yang indah di sini. Setelah beberapa kali mengunjungi pantai-pantai di Bali, saya bisa menyamakan keindahan pantai ini dengan Pantai Dream Land di Bali, namun ombaknya lebih tenang. Kedua, Anda tidak akan mengira menjumpai pantai seindah ini karena pantai ini belum dikelola pemerintah sebagai aset wisata.

Sejarah Pantai Air Cina

Mengapa pantai ini dinamai Pantai Air Cina, padahal letaknya di Indonesia? Karena pantai ini dulunya adalah tempat bersandar kapal dari Cina.

versi lain menyebutkan bahwa orang dari Desa Nefo Kecamatan Kupang Barat Kabupaten Kupang, Nusa Tenggara Timur menyebut pantai ini oe sina. Oe berarti air dan kata sina berasal dari nenek moyang orang Desa Nefo yang hidup di sekitar pantai.

Selain pantai-pantai yang disebutkan masih ada pantai lainnya di Kabupaten Kupang yang belum sempat dikisahkan dalam tulisan ini antara lain, Pantai Alamanda di Kupang Barat, Pantai Sulamanda di Kupang Tengah desa Mata Air,  Pantai Tub Afu dan Pantai Haubenkase di Amarasi Barat, Pantai Otan dan pantai Liman di Pulau Semau dan masih banyak pantai lainnya yang patut anda kunjungi.

Komitmen Bangun Pariwisata

Pemerintah Kabupaten Kupang mulai tahun ini mengarahkan anggaran ke Sektor Pariwisata. Program ini akan dikerjakan secara keroyokan oleh  dinas terkait semisal Dinas Pariwisata, Dinas Pekerjaan Umum, dinas Perindustrian dan Perdagangan, Dinas Komunikasi dan Informatika, Dinas Pertanian dan beberapa dinas terkait yang bersinggungan dengan Revolusi 5P.

Bupati dan Wakil Bupati Kupang periode 2019-2024 Korinus Masneno dan Jerry Manafe bertekad, dalam 5 tahun kepemimpinannya akan terbangun 4 objek wisata unggulan di Kabupaten Kupang mulai tahun 2020 hingga 4 tahun ke depan, karena sistem pembangunan pariwisata terpusat dan fokus pada 1 objek/tahun. Tahun 2020 ini rencana itu diiplementasikan di Pantai Teres.

Bupati Kupang Drs. Korinus Masneno sudah menginstruksikan kepada pimpinan OPD, untuk mempelajari dan memahami betul apa yang menjadi visi-misi kepemimpinannya 5 tahun ke depan sehingga tepat dalam melaksanakan pembangunan di masyarakat

Inilah Komitmen kami membangun ekonomi masyarakat Kabupaten Kupang. (Tunggu edisi berikut)