Perjalanan Panjang Lexi Saluk, Kini Ditemani Kitab Suci dan Doa Tiap hari

  • Bagikan
Lexi saluk bersama keluarga. kondisinya semakin membaik. cepat sembuh teman.

KUPANG, FLOBAMORA-SPOT.COM – Namanya Lexi Saluk. Pria asal Kabupaten Timor tengah selatan (TTS) ini sebelumnya wartawan aktif di harian Viktory News. Sejak Kamis  19/7/2018  lalu  ia jatuh sakit. Ia melewati suka duka, dengan doa dan baca Kitab Suci setiap hari.

Berikut penuturan Lexi Saluk secara lengkap.

Kala itu   di tengah proses untuk ikut berkompetisi dalam pesta demokrasi 2019 lalu sebagai caleg dapil 3 kabupaten Timor Tengah Selatan.

Semua proses telah dilalui dengan penetapan nama sebagai  daftar calon tetap (DCT)  nomor urut 8.  Seperti biasanya sebelum berangkat kerja sering  mengantar istri  ke jalan  raya untuk menumpang angkutan umum ke kantor Bupati Kupang di Oelamasi. Biasa di depan kantor Lurah Lasiana Kecamatan kelapa Lima.

Setelah mengantarkan istri  saya pulang ke rumah. Setibanya di rumah yang dijaga oleh Tante Yuni Silvia yang adalah ipar istri dan teman caleg  satu partai beda dapil  saya mendadak pusing. Mungkin   akibat hipertensi  karena malam sebelum makan ikan kering( ikan teri) campur tomat hasil kerja sendiri. Berawal dari rasa pusing  Itu saya tidak sadarkan diri.

Namun puji Tuhan sebelumnya  sempat  menelpon kepala bidang pencegahan penyakit Dinas  Kesehatan Kota Kupang  Ibu Sri Wahyuningsih, (Ma Sri), untuk minta bantuan mobil ambulance Brigade Kupang Sehat (BKS ), guna mengantar saya ke rumah sakit.  Kedatangan mobil ambulance  terlambat beberapa  jam,  tapi puji Tuhan  dengan pertolongan Ma Sri mobil Ambulance  bisa  menjemput dan mengantar ke Rumah sakit (Rumah Sakit Siloam). Setiba di rumah sakit  mengalami  hal yang luar biasa  dan menjurus ke kemaut.  Selama 9 hari  di rumah sakit saya tidak sadarkan diri “(Koma) “.

Sejak itu mengalami kelumpuhan tubuh bagian kiri karena ternyata terserang stroke  akibat penyumbatan pembuluh darah dan semua  itu atas anugerah Tuhan Yesus yang masih begitu sayang. Puji Tuhan Yesus karena kehadiran Tante Yuni   kala itu di rumah. Dia sangat membantu menemani ke RS.

Sungguh besar Anugerah Tuhan  bagi  saya. Saat mulai pusing sempat minta jarum untuk menikam bagian jari guna  mengeluarkan darah dan  jarum kerudung Tante Yuni yang dipakai saat itu.

Kalau tidak ada  Tante Yuni waktu itu mungkin tidak ada  cerita atau kesaksian ini.  Tuhan Yesus luar biasa indah melakukan semua.  Perjalanan sejak 2018 sampai saat ini penuh cerita dan kasih Tuhan Yesus tidak pernah meninggalkan saya. Sungguh menderita karena disaat bangun tidur banyak hal terjadi  salah satu perasaan tidak karuan, serba salah dengan berbagai hal, cuma yang menyenangkan adalah disaat tidur  terlelap, makan dengan kecap manis dan  dekat dengan Tuhan melalui doa Bapa Kami  dan membaca Alkitab  secara rutin.  Selain itu tidak tahu, kapan dan siapa yang menggabungkan nomor Wa di grup Rohani  Rumah Doa Segala Bangsa dan House Of Truth  merahmati saya dengan renungan firman Tuhan sangat memberkati dan menguatkan.

Luar biasa  kasih Tuhan Yesus mengingijinkan saya hidup. Per bulan februari  2021 saya mendapatkan kado hari Pers Nasional dimana pikiran enak dan depresi yang dialami  sudah hilang. Sebelumnya  alami depresi dan perasaan tidak enak dan nyaman . Sayang merasa kehilangan  karena    sudah sembilan   orang yang pernah jenguk dan memotivasi  ternyata Tuhan berkehendak lain. Diingat dua   teman  sekolah, satu teman SMP dan satu teman kuliah, sedangkan  satu teman  wartawan, ada juga salah seorang teman vokal grup kaum bapak. Terbaru di bulan februari,  ada yang datang ternyata Tuhan berkehendak lain memanggil pulang mereka  lebih dulu.  ada juga  salah satu penjenguk bersama Rombongan pak Gubernur 2018 lalu .

Bawaan penyakit ini,  rasa kangen muncul dengan tiba-tiba  terhadap sejumlah orang yang dulu semasa sehat selalu sama-sama,  tapi karena kesibukan mereka jadi tidak bisa ketemu. Sulitnya lagi hp rusak sejak sakit jadi kehilangan semua nomor untuk berkomunikasi dengan mereka. tapi begitu rasa rindu itu muncul, selalu pedomani pelayanan Rasul Paulus yakni begitu ingat jemaat  berdoa dan mengucap syukur, sehingga orang – orang yang didoakan dengan tiba-tiba muncul jenguk tanpa janji, atau bisa berkomunikasi dan sampai February 2021 tersisa tiga orang yang belum bisa berkomunikasi. Dua orang teman wartawan di Maluku Utara  yang lupa nama tapi ada foto dua orang teman itu dan satu lagi ketua persekutuan doa Mahanain di  kecamatan Amanuban Timur  kabupaten Timor Tengah Selatan,  mama Taneo, sementara sebagian besar orang yang dirindukan sudah berkoordinasi dan bahkan ada yang sudah menjenguk.

Ada hal yang membuat saya  kecewa.  Sekian  banyak orang yang  akrab dulu janji, untuk mengunjungi dan ada pula yang pernah  dibantu tidak muncul, sedangkan yang tidak akrab yang muncul berulang kali. Tapi berkat firman Tuhan yang dibaca secara rutin bisa membantu. Salah satu firman Tuhan dalam kitab Ayub, “Ayub Kecewa dengan Sahabat – sahabat”. Ayat ini ketika membaca sungguh meneguhkan hati karena bukan saya sendiri yang dikecewakan oleh teman tapi Nabi juga mengalami. Saya mulai membatasi diri untuk tidak menerima janji teman, karena sebelumnya ingatan belum baik dan otak juga demikian senang dan terima janji lalu pada akhirnya kecewa. Jadi saya berusaha untuk tidak kecewa dengan hindari janji. Saya juga beruntung dengan membaca Alkitab dan berdoa Bapa Kami setiap jam, bisa membuat saya kuat.

Perfebruari 2021 perjanjian lama sudah masuk putaran ketiga  sedangkan perjanjian baru sudah sembilan kali.

Adapun hal yang saya dialami. Mungkin karena teguran Tuhan. Kalau maki mulut luka pernah dijenguk teman wartawan desk kota Kupang dan jalan-jalan ke pantai nunsui kemudian karena senang dan lupa maki begitu pulang mulut luka. Begitu juga maki Adik yang jaga lidah luka.  Selain itu  cukup banyak bawaan mulai dari dara tidak normal, lambung, rasa nyeri  dimuka. Tapi  Firman Tuhan selalu menguatkan,  seperti menderita dengan sabar dan sabar dalam menderita   dan akhirnya firman Tuhan yang dibaca dapat menguatkan dan tidak putus asa, tapi tetap bersabar  dalam kondisi sakit.

Dengan selalu berdoa minta kado  di setiap momen hari raya. Kado ulang tahun  tempat kerja 2020 tanggal  2  February bisa melangkah satu dua langkah. Sedangkan tahun ini kado ulang tahun victory news  nyaman dan kado ulang tahun 14 Desember  pikiran enak bahkan depresi mulai berkurang.

 

Penyakit yang dialami mengakibatkan daya ingat lemah  dan semua hal  dilupakan tapi berkat anugerah Tuhan Yesus melalui pergumulan dan doa” Bapa Kami ” setiap jam  di pandu dengan jam dinding rumah yang tepat jam alarm bunyi.  Syukur  dengan berdoa yang dilakukan mendapatkan keteduhan hati dan perasaan.  Namun hal yang dilakukan  sebelum jam dinding bunyi selalu membaca Alkitab sebagai pengantar  yakni pagi sampai siang jam 12, siang perjanjian lama setelah sembayang,  jam 12 siang beralih ke perjanjian baru. Puji Tuhan  perjanjian baru sudah diulang empat kali sedangkan perjanjian lama baru masuk Mazmur  di momentum dua tahun dan cerita ini di tulis.

Selain itu saya sungguh merasakan anugerah Tuhan luar biasa karena dengan mengalami sakit bisa lebih dekat dengan Tuhan Yesus lewat doa dan membaca Alkitab. Selain itu setiap momentum hari raya sering meminta kado’  kepada Tuhan Yesus dengan pedomani Matius 7.7 dan Tuhan Yesus menjawab.

Contoh sebelumnya sebagai penderita stroke air liur sering keluar tapi di momentum Natal meminta kado akhirnya berhenti. Begitu juga Paskah berdoa minta kado’  akhirnya mendapatkan kado perasaan sudah nyaman. Sedangkan ulang tahun istri di bulan April meminta kado dan mendapat kado dengan sudah  bisa mulai mendengar bunyi  dan suara. Sebelumnya tidak bisa dengar dan begitu bunyi TV tidak bisa dengar karena merasa terganggu.  sekali di momen ulang tahun anak 2 Juni dan ulang tahun pernikahan 5 Juni mendapat kado   perasaan tenang  seperti tidak sakit  meski belum bisa jalan sendiri. Perasaan dan kemampuan untuk mendengar bunyi dan suara sudah aman . Dan momentum 2 tahun tepat hari ini semoga bisa mendapatkan kado  lagi dengan tensi darah normal dan bisa jalan sendiri dan siap melayani Tuhan Yesus. Selain baca Alkitab ada 2  Grup Wa Rohani yang setiap hari  terberkati dengan Renungan Firman Tuhan yakni Grup Rumah Doa Segala Bangsa dan House Of Trut( Hot).

Semoga !!

  • Bagikan