Idul Adha Bukan Hanya Sebuah Perayaan Qurban. Lantas Apa ?

0 2

KALABAHI, FLOBAMORA-SPOT.COM – Perayaan Idul Adha bukan hanya perayaan qurban,  namun sekaligus sebagai moment sebuah pernyataan komitmen keikhlasan Nabi  Ibrahim dan Putranya Ismail dalam mengorbankan hal yang berharga kepada Tuhannya. Wujud pernyataan komitmen keimanan dan ketaqwaan yang lahir dari kemurnian hati.

Demikian amanat tertulis Bupati Alor Drs. Amon Djobo menyambut Perayaan Idul Adha 10 Dzulhijah 1442 H Tahun 2021 Masehi kepada kaum Muslim di Pelosok Alor Nusa Kenari secara Virtual, bertempat di Aula Kokor, Rumah Jabatan Bupati Alor, dalam Siaran Pers yang dikirim Kasubag Komunikasi Pimpinan  Marthen J. Manilau, SH Senin (19/7/2021).

Lebih lanjut dalam amanatnya Bupati Djobo menyampaikan, Peristiwa epik bersejarah ini mengajarkan manusia bahwa hakekat Qurban adalah, memberi diri, Qurban menggembleng kita menekan ego, menekan nafsu, menekan kesombongan dan memurnikan hati untuk memberi diri kepada Tuhan, memberi diri kepada seluruh makhluk sehingga terwujudlah  insan yang Rahmatan Lil Alamin, Insan yang menjadi Rahmat bagi seluruh alam.

“Ingat, Hablum Minallah  akan kurang bernilai tanpa Hablum Minannas dan begitu pula sebaliknya. Itu artinya bahwa, Ibadah seorang hamba kepada Tuhannya hanya akan  lebih bermakna dan berdaya guna jika ibadah itu memberi nilai dalam membangun kehidupan sosial yang lebih bermartabat, “ ucap Bupati Djobo.

Idul Adha Lanjut Bupati Djobo, adalah momentum bagi masing -masing kita untuk memberi diri bagi kemasalahatan bangsa dan negara. “Melalui Covid -19, Tuhan sedang membangun iman dan taqwa kita dalam menyikapi ketetapannya. Mari kita tetap mengimani dan bersabar dalam ketaqwaan kita, karena selalu ada hikmah dibalik setip ketetapan Tuhan,”  pinta dan harap Bupati Djobo.

Melalui momentum Iduk Adha, selaku Bupati Alor, Ia mengajak semua kita memanfaatkan mpmentum Idul Adha ini memberi diri kita dalam upaya – upaya penanganan Covid -19. Jangan merasa jemu dengan himbauan – himbauan  yang disampaikan pemerintah sebagai upaya pencegahan dan penanganan Covid -19 di Tanah Terjanji ini.

”Saya berharap perayaan Idul Adha1442 H di Bumi Persaudraan tetap berpedoman pada Edaran Menteri Agama RI Nomor 16 Tahun 2021Tentang Petunjuk Teknis Malam Takbiran, Sholat Idul Adha dan Pelaksanaan Qurban Tahun 1442 H/ 2021 M di luar wilayah Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat,” harap Djobo. (rilis)