Tinjau Pelaksanaan TMMD, Brigjen Francis:”Kami Datang Untuk Mengevaluasi Kegiatan Ini”

0 34

OELAMASI, FLOBAMORA-SPOT.COM – Tentara Manunggal Membangun Desa ( TMMD) KE-111 tahun 2021 di Amarasi Selatan, kabupaten Kupang, Nusa Tenggara Timur mendapat perhatian dari Petinggi TNI AD. Hal ini dibuktikan dengan kedatangan  Brigjen TNI F. F Francis wewengkang S. E. M.M (Pasahli Tingkat II Kasad Bid LH), Letkol Cku. Sudarso dari Tim WASEV (Pengawasan dan Evaluasi) program TMMD Ke-111 Tahun 2021 Kodim 1604/Kupang.

Kedatangan Rombongan Wasev ke Amarasi Selatan didampingi Dandim 1604/Kupang Kol.Arh..Abraham Kalelo, S. Sos, KA Tim Tuud Sterad Letkol Cku. Sudarso dan Kasiter Korem 161/Wirasakti Kolonel Inf. Seniman Zega,S.H, Danramil 1604-03/Amarasi Kapten Inf. Lalu Ibnu Fajar dan Unit Intelijen Kodim 1604/Kupang Kapten Inf. Nerson F. Baitanu. Rombongan diterima di Kantor Desa Nekmese oleh Sekda Kabupaten Kupang, Obed Laha, Kadis PMD Kabupaten Kupang Charles Pannie, Camat Amarasi Selatan Tonci Teuf,ST, Chrimas James Baok Kades Nekmese, tokoh masyarakat dan tokoh agama.

 

Brigjen Francis  mengatakan tujuan kedatangannya untuk melihat langsung apakah kegiatan TMMD ini berjalan dengan lancar atau tidak.

 

“Artinya kami datang untuk mengevaluasi kegiatan ini karena dilaksanakan di seluruh daerah. Kegiatan ini dilaksanakan bukan hanya di NTT melainkan juga diluar NTT. Di daerah saya juga kebetulan saya berasal dari Sulawesi, di sana juga dilaksanakan kegiatan seperti ini”, ujar Wewengkang dalam sambutannya pada acara tersebut di aula kantor desa Nekamese, Amarasi Selatan Kamis, (8/7/21).

Masyarakat Amarasi Selatan terima Sembako dalam acara kunjungan Brigjen TNI F. F Francis wewengkang S. E. M.M (Pasahli Tingkat II Kasad Bid LH) Kamis (8/7)

Ia mengapresiasi TMMD ke-111 Kodim 1604/Kupang bersama masyarakat karena pekerjaan fisik seperti rehab Sekolah, Rehab Rumah Ibadah dan pastori masih berjalan sesuai rencana. “untuk sekolah di lakukan dengan tujuan agar anak-anak menjadi pintar sedangkan untuk tempat-tempat ibadah hanya 1 tujuannya yakni membuat orang menjadi lebih baik”,tambahnya.

 

Ia juga mengatakan kegiatan ini dilakukan di setiap daerah di seluruh Indonesia dimana sebelumnya 1 tahun 4 kali pelaksanaan tetapi sekarang diturunkan, namun ia mengharapkan agar kegiatan yang dilakukan ini bermanfaat bagi masyarakat.

“Sekarang karena situasi maka 1 x setahun. Bapak KASAD berpesan apapun yang dilakukan dapat dijaga, dirawat dan dimanfaatkan sebaik-baiknya sesuai fungsinya. Semoga TMMD masih bisa dilakukan lagi. Karena wilayah ini mirip sama daerah saya di Tondano (Sulawesi Selatan), masih tandus dan kering. Dan semoga yang sekolah di sini bisa raih cita-citanya”, pungkas Brigjend TNI/AD Francis Wewengkang.

Camat Amarasi Selatan Tonci Teuf, SP dalam sambutannya menyatakan terima kasih atas kedatangan Brigjend ke wilayah desa Nekmese dan Sahraen. Sejak pembukaam 15 Juni sampai saat ini sudah berjalan sesuai rencana mulai dari rehab SMP Kristen 1 Amarasi Selatan, rehab Gereja Imanuel, Rehab Kapela, dan rehab Pastori Bonamhonis sudah dilakukan dan sudah hampir 100%.

“Kami masyarakat Kecamatan Amarasi Selatan sangat beterima kasih atas bantuan kerja sama masyarakat membangun bersama TNI, membangun kabupaten Kupang khususnya kecamatan Amarasi Selatan.  Kami sangat mengharapkan pembangunan seperti ini lagi bagi kecamatan kami ke depannya. Karena pembangunan ini sangat cepat, membantu dan bermanfaat bagi kami. Terima kasih TNI bersama rakyat membangum desa kami”, Ujar Tonci.

 

Sedangkan sekda Kabupaten Kupang Obed Laha mengatakan, Pemda membangun kerja sama dengan TNI dalam melaksanakan TMMD ini.

“Tahun ini Pemda siapkan anggaran cukup untuk satu kali dilaksanakan. Harapannya ke depan TMMD dapat dilaksanakan dua kali setahun. Dan kita lihat hasil dari TNI TMMD sangat lancar, tadi sesuai laporan sudah 87% dan sisanya hingga 100%. Dana Rp 900.000 juta lebih. Anggaran itu untuk membangun rehab 4 bangunan fisik. Bahkan bapak bupati Kupang minta tahun depan bisa dua kali dilaksanakan.” Tandas Sekda Obed Laha.

Kunjungan Tim Wasev TNI AD diwarnai penyerahan sembako bantuan Kodim 1604/Kupang kepada 6 orang kk Penerima Brigjend Francis Wewengkang, Dandim 1604/Kupang, Sekda Kabupaten Kupang dan Camat Amrasi Selatan. (Ellena)