Stasi Semau Keuskupan Agung Kupang, Naik Status

0 243

SEMAU, FLOBAMORA-SPOT.COM – Uskup Agung Kupang, Mgr. Petrus Turang, Pr mengesahkan peningkatan Stasi Semau menjadi Kuasi Paroki Minggu (13/6/21). Pengesahan ini ditandai dengan penempatan seorang pastor atas nama RD. Philipus Pilic. Mantan pastor paroki Baa, Rote itu diangkat menjadi pastor Kuasi Paroki Santo Petrus Batu Karang Semau.

Umat Katolik wilayah Semau yang menjadi bagian dari Paroki Santo Gregorius Agung Oeleta selama ini, kini boleh bersukacita karena berkembang menjadi Kuasi Paroki. Hal ini menjadi kebanggaan tersendiri bagi umat Semau yang mayoritas merupakan umat yang berasal dari Gereja Protestan.

Umat Katolik di Semau kini berkembang cukup pesat secara kwantitas. Hal ini ditandai dengan adanya empat kapela di seluruh wilayah Semau. Kapela di bagian Semau Tengah terletak sekitar 100 meter dari simpang Otan. Tiga kapela lainnya terletak di Semau selatan, yaitu kapela Akle, kapela Naok dan kapela Liman. Kapela Liman yang terletak dekat pantai Liman ditentukan oleh Bapa Uskup Turang sebagai pusat Kuasi Paroki Santo Petrus Batu Karang Semau.

Tanggal 13 Juni 2021, umat Semau merayakan ekaristi penerimaan pastor Kuasi Paroki Semau, RD. Philipus Pilic. Perayaan ekaristi dipimpin oleh RD. Sipri Senda, didampingi RD. Bob Muda, Pastor Paroki Santo Gregorius Agung Oeleta, RD. Jefry Nome, Pastor rekan Paroki Santo Gregorius Agung Oeleta, RD. Philipus Pilic dan Diakon Umbu Tuku.

Dalam kotbahnya, RD. Sipri Senda mengambil gambaran perumpamaan Yesus tentang biji sesawi yang kecil tapi bertumbuh jadi besar dalam penyelenggaraan Tuhan. Demikian pula umat Katolik di Semau, bertumbuh dari jumlah kecil, yaitu keluarga Bapak Anus.

“Dari yang kecil itu, berkembangnya Gereja Katolik di pulau Semau hingga hari ini menjadi Kuasi Paroki Santo Petrus Batu Karang Semau. Kiranya RD. Philip yang memulai karya pelayanan di sini, dengan spirit percaya akan penyelenggaraan ilahi, terus mengembangkan Gereja di sini, hingga suatu hari nanti menjadi paroki,” kata RD. Sipri yang selama ini telah melayani umat Semau dalam perayaan liturgi dan kegiatan kitab suci.

Umat Semau patut bersukacita karena penetapan Uskup atas Gereja Katolik di Semau menjadi Kuasi Paroki menandakan adanya perhatian dan kepercayaan Bapa Uskup terhadap upaya pengembangan iman Katolik yang telah diperjuangkan selama ini. RD. Philip menyatakan terima kasih kepada Uskup yang telah mempercayakannya untuk melayani umat di Semau.

“Saya berharap agar umat menerimanya dengan sukacita dan bekerja sama membangun Gereja Katolik di wilayah ini”, pungkasnya. (rilis)

Misa serah terima pastor Quasi Paroki Santo Petrus Batu Karang Semau, 13 Juni 2021