Scroll Ke bawah untuk melanjutkan

Kunjungi Kawasan  Labuan Bajo, Gubernur Dorong Ketersediaan Air Bersih Bagi Warga

Gubernur NTT Viktor Bungtilu Laiskodat saat berada di pulau Mesah Labuan Bajo Sabtu (1/5/21).

MABAR, FLOBAMORA-SPOT.COM – Setelah Kunjungi Kawasan Daratan di Timor, Gubernur Jajaki Kawasan Kepulauan di Labuan Bajo. Kegiatan yang dikomandoi langsung Gubernur Viktor Bungtilu Laiskodat, dilakukan pada Sabtu, 1 Mei 2021.

Kedatangan Gubernur ke kawasan Labuan Bajo untuk memastikan pemenuhan kebutuhan Pelayanan Dasar bagi masyarakat yang merupakan kewajiban pemimpin.

 

“Kalau mau Provinsi ini maju pesat, gerak dan kerja kita harus cepat, teknologi Reverse Osmosis di Desa Papagarang tadi, dapat kita terapkan disini (Pulau Messah), di Pulau Longos juga dapat kita terapkan hal yang sama,” ungkap Gubernur Laiskodat saat berada di Pulau Mesah.

 

Gubernur VBL juga menginstruksikan Kepala Dinas Energi dan SDM Provinsi NTT, Jusuf Adoe untuk segera lakukan diskusi teknis dengan Tim Akuo Energi Indonesia dalam percepatan konsolidasi pemenuhan kebutuhan air layak konsumsi dengan pendekatan teknologi dan masalah kelistrikan yang di hadapi masyarakat Desa Papagarang dan Pulau Messah.

 

“Pak Kadis, segera diskusikan hal teknis bersama Tim Akuo Energi Indonesia, langkah awal kita siapkan 10 unit hingga kemasan untuk memenuhi kebutuhan masyarakat dan dijual, langkah selanjutnya Pemrov bersama Pemkab Manggarai Barat tetapkan regulasi untuk kebutuhan air minum bagi para turis di Pulau Komodo, Rinca dan sekitarnya sehingga tidak dibeli dari Labuan Bajo melainkan dibeli dari sini agar masyarakat bisa sejahtera. Sekalian komunikasikan dengan GM. PLN di Kupang untuk menyelesaikan permasalahan kelistrikan yang dihadapi masyarakat Papagarang dan Pulau Messah,” pungkas Gubernur Viktor.

 

Selanjutnya, Anggota BPD, H. Rasyidin mengungkapkan kebahagiaannya atas kunjungan Gubernur yang akan merealisasikan janjinya untuk masyarakat Pulau Messa dan masalah kelistrikan.

 

“Kita bersyukur Bapak datang ke sini, kebijakan yang dibuat, menjawab kebutuhan kami, tolong kami juga untuk listrik PLN, karena hanya menyala hingga jam 9 malam setelah itu padam dan kami harus mengeluarkan biaya tambahan kalau kami ingin listrik terus manyala,” ungkap Rasyid

 

Sementara itu, Kadis Energi dan SDM Jusuf Adoe saat diwawancarai, menyampaikan telah menindaklanjuti arahan Bapak Gubernur NTT saat kunjungan kerja di Desa Papagarang dan Pulau Messah

 

“Terkait permasalahan listrik yang dihadapi masyarakat dikedua pulau tersebut, telah kami identifikasi dan dikoordinasikan dengan GM. PLN Kupang untuk segera ditindaklanjuti, respon beliau juga segera, kemudian telah dilakukan diskusi teknis bersama tim Akuo Energi Indonesia, Rio Pramudita yakni penyiapan 10 titik pemenuhan layanan air layak konsumsi dan mereka bersedia datang ke NTT pada pertengahan bulan mei untuk memulai tahapan awal penjelasan teknis terkait implementasi Produksi Air Layak Konsumsi dengan teknologi Reverse Osmosis dengan prinsip kolaborasi lintas stakeholder,” ungkap Kadis Jusuf.

(SP BIRO AP NTT/ELLENA)

  • Bagikan