Hendrik Rohi:”REAN.ID, Ruang bagi Orang Muda Berkreasi”

  • Bagikan

KUPANG, FLOBAMORA-SPOT.COM – Rean.ID resmi diperkenalkan kepada masyarakat NTT pada Selasa (27/10). Kurang lebih 100 Media di provinsi kepulauan ini ikut berperan dalam peluncuran Website tersebut. Peluncuran website ini didahului Talkshow yang digelar Badan Nasional Narkotika Propinsi (BNNP) NTT di Neo Aston Hotel.

Kabid. Pencegahan dan Pemberdayaan Masyrakat BNNP NTT Hendrik J Rohi dalam Pemaparan materinya mengatakan, narkoba menyasar generasi muda dan kalangan produktif lainnya.

para Narsum kegiatan Talkshow sebelum peluncuran Website REAN.ID

“Ketika tercemar narkotika maka akan menghadapi persoalan pelik. Karena itu REAN.ID menjadi ruang untuk orang muda berkreasi membuat video dengan konten-konten yang mengajak generasi milenial untuk hidup tanpa narkoba”, ujar Rohi dalam kegiatan desiminasi informasi melalui talkshow/tatap muka, berkreasi tanpa narkoba bersama REAN.ID yang diikuti 100 wartawan, 25 orang muda dari kelompok Masyarakat Leko dan 25 mahasisawa dari IMALLA, di Hotel Neo Aston Kupang.

Menurut dia, bila tidak melakukan pencegahan maka generasi muda akan digerogoti barang haram tersebut. “Jadi urusan kita semua untuk mengatasi permasalahan ini. Cara efektif yakni penyebaran informasi melibatkan seluruh komponen. Pemerintah, masyarakat, termasuk wartawan dan Mahasiswa”, jelasnya.

Lianovika Ulya, SKM Kasie Pemberdayaan Masyarakat Bidang Pencegahan dan pemberdayaan Masyarakat BNNP NTT mengatakan, Rean.ID hadiri untuk mengedukasi masyarakat lewat video, karikatur dan tulisan-tulisan pendek yang sifatnya mengajak orang untuk mengenal Narkoba dan menjauhinya.

“Kaum Milenial bisa masuk ke website REAN.ID untuk memposting video dengan durasi 1-3 menit. Sifatnya mengajak kaum milenial untuk berkreasi tanpa narkoba”, ujarnya.

Pendeta Lusiana Adu. MA CBP yang merupakan salah satu nara sumber mengatakan, berita pada media online sering menampilkan judul yang tidak sesuai dengan isi. ‘Makanya saya kalo lihat judul belum percaya harus buka untuk baca”, kata dia.
Ia mengatakan, saat ini anak-anak milenial lebih menyatu dengan Hand phone dari pada orangtua. “Gunakan Media sosial untuk hal yang baik”, harapnya.

Kasie Pencegahan  Markus Raga Djara mengatakan, REAN..ID adalah sebuah aplikasi yang berupa kependekan dari Rumah Edukasi Anti Narkoba.
“Website ini dibuat sebagai bagian dari cara mengajak generasi milenial mengambil peran dalam upaya pencegahan penyalahgunaan narkoba. REAN.ID  hadir untuk memenuhi kebutuhan public mengakses sekaligus berinteraksi. Masuk ke web ini ada menu yang bisa dipilih, kalo mau post video ada ruangnya. Sangat mudah”, pungkasnya.

  • Bagikan