Scroll Ke bawah untuk melanjutkan

Gubernur Minta Pemkot Kupang Serius Tangani Sampah

KUPANG, FLOBAMORA-SPOT.COM – Gubernur NTT, Viktor Bungtilu Laiskoda (VBL) meminta Walikota dan jajarannya untuk memperhatikan secara serius pengelolaan sampah di Kota Kupang. Sebagai ibu Kota Provinsi NTT, Kota Kupang harus punya desain penanganan sampah yang jelas.

“Desainnya (penanganan sampah, red) dulu harus jelas. Kita perlu armada untuk pengumpulan sampah berapa? Bagaimana para lurah dan ketua RT/RW lakukan sosialiasasi manajemen sampah rumah tangga? Titik-titik sampah ditempatkan di mana, itu menjadi tanggung jawab Lurah dan RT/RW. Ini dulu harus jelas,” tegas Gubernur VBL dalam sambutannya saat lakukan Kunjungan Kerja di Kota Kupang, Rabu (30/9).

Menurut Gubernur, sebagai ibu Kota Provinsi NTT, Kota Kupang harus menampilkan ciri khas sebuah kota yakni malam terang, siang bersih, parkirannya jelas dan sampahnya dikelola dengan baik.

“Pungut sampah atau collecting itu hanya merupakan satu aspek dari manajemen pengelolaan sampah. Kalau soal ini saja sudah merupakan masalah berat, bagaimana kita bicara aspek lain seperti Tempat Pembuangan Akhir (TPA) dan proses daur ulang. Termasuk di dalamnya bak-bak sampah harus ditempatkan di tempat yang sesuai, bukan di jalan-jalan protokol,” jelas Gubernur Viktor.

Lebih lanjut pria asal Semau tersebut mengungkapkan, persoalan sampah di Kota Kupang bukan hanya tanggung jawab pemerintah kota Kupang tapi juga pemerintah propinsi.

“Saya serius sekali bicara seluruh permasalahan di kota ini, bukan karena tidak suka atau punya maksud tertentu tapi karena ini kota propinsi. Yang malu bukan hanya walikota tapi juga gubernur,” ungkapnya.

Gubernur juga memberikan apresiasi kepada Walikota yang telah memperjuangkan kepada Presiden penataan trotoar di Kota Kupang. Juga untuk pembenahan taman-taman.

Walikota Kupang memberikan apresiasi atas motivasi dan perhatian dari Gubernur NTT terhadap berbagai permasalahan di Kota Kupang. Jefri berjanji akan mengambil langkah-langkah strategis dan lebih tegas untuk mengelola sampah di kota Kupang.

“Terima kasih banyak Bapak Gubernur atas semua masukan dan catatan yang luar biasa. Kita akan kerjakan dengan lebih sungguh,” pungkasnya.

Sumber: SP Humas dan Protokol NTT

  • Bagikan