Scroll Ke bawah untuk melanjutkan

Tingkatkan Kemampuan, Kodim 1604/Kupang Gelar Latihan Menembak

OELAMASI, FLOBAMORA-SPOT.COM – Dalam rangka mengasah kemampuan menembak prajuritnya, Kodim 1604/Kupang menggelar Latihan Menembak Senjata Ringan (Latbakjatri) Triwulan III tahun 2020. Kegiatan latihan menembak senjata ringan dilaksanakan di Lapang Tembak Camplong I, Jl. Timor Raya Km. 41 Kecamatan Fatuleu, Kabupaten Kupang, Kamis (17/9/20).

 

Kegiatan ini diikuti oleh seluruh prajurit Kodim 1604/Kupang baik Perwira, Bintara maupun Tamtama, selama 3 hari, sejak tanggal 15 – 17 September 2020.

Plh. Pasiops Kodim 1604/Kupang Mayor Inf Harjito, S.Pd, yang ditunjuk sebagai Komandan Latihan dalam kegiatan ini menegaskan, latihan menembak memang sudah rutin dilaksanakan, namun demikian jangan menganggap remeh kegiatan, yang justru dapat berpotensi menyebabkan terjadinya korban latihan.

 

“Perhatikan faktor keamanan, karena itu adalah prioritas yang utama, untuk itu saya tekankan kepada seluruh peserta dan juga para pendukung latihan, ikuti mekanisme dan pedomani prosedur yang ada. Selama pelaksanaan menembak tidak ada prajurit yang bertindak sendiri, melainkan atas instruksi dan arahan dari personel yang sudah ditunjuk oleh Koordinator”,tegasnya.

 

Pelaksanaan kegiatan ini berbeda dengan tahun lalu, tahun ini di masa pandemi covid-19, pelaksanaannya harus mematuhi protokol kesehatan yakni antara lain mulai pengecekan suhu tubuh menggunakan Thermo Gun, memakai masker dan tentunya cuci tangan sebelum dan sesudah melaksanakan Latbakjatri. Jumlah pesertapun juga dibatasi sehingga dibagi pergelombang dalam pelaksananaannya, hal ini tentunya merupakan salah satu peraturan protokol kesehatan yang harus dijalankan selama pandemi covid-19,” tutur Danlat.

Kegiatan menembak ini menggunakan sikap tiarap. Sedangkan jarak yang diambil adalah 100 m dengan tiga butir peluru sebagai koreksi dan 10 butir sebagai penilaian.

Sedangkan untuk Perwira dan indek pemegang pistol seperti Intel, Juru bayar dan Provost menggunakan senjata laras pendek atau pistol FN-46. Mengambil jarak 25 m dengan sikap berdiri dan menggunakan tiga butir peluru sebagai koreksi dan 10 butir sebagai penilaian.

 

“Melalui latihan yang dilaksanakan rutin setiap triwulan sekali, diharapkan dapat membina dan meningkatkan kemampuan seluruh Prajurit Kodim 1604/Kupang dalam menembak,” pungkasnya. (Pendim1604/Kupang)

  • Bagikan