Peringati HAN Tingkat Kota Kupang, Ini Pesan Wawali Kupang

0 97

KUPANG, FLOBAMORA-SPOT.COM – Puncak Hari Anak Nasional Kota Kupang berlangsung meriah di tengah ancaman pandemi Corona Virus disease 2019 di Rumah Jabatan Wali Kota Kupang, Kamis (23/07/2020).

Wakil Wali Kota Kupang, dr. Hermanus Man yang memimpin jalannya acara tersebut mengatakan, anak-anak di Kota Kupang harus gembira, sehat dan pintar.

Menurut dia, peringatan HAN tahun ini merupakan momentum untuk meningkatkan kepedulian semua pilar bangsa, baik orang tua, keluarga, masyarakat, dunia usaha, media dan pemerintah terhadap pemenuhan hak dan perlindungan khusus anak secara optimal.
erayaan HAN 2020 kali ini dibawah tema “Anak Terlindungi Indonesia Maju” dengan tagline #AnakKotaKupangGembiradiRumah.

Ia menjelaskan, selain gembira, anak-anak di Kota Kupang juga harus sehat dan pintar dan ketiga hal ini harus berjalan.

Meskipun kegiatan belajar mengajar saat ini masih dilakukan secara daring dalam masa adaptasi kebiasaan baru akibat pandemi Covid-19, tetapi anak-anak gembira untuk bermain dan belajar secara aman. Kesehatan anak-anak juga harus diperhatikan. Karena itu,selain sekolah, pemerintah juga saat ini masih menutup tempat-tempat bermain di Kota Kupang, agar anak-anak tidak melakukan aktifitas bermain di luar.

Meskipun belajar dari rumah dengan menggunakan teknologi daring, namun anak-anak harus tetap disiplin.

Lebih jauh dia menjelaskan, upaya untuk mewujudkan Indonesia layak Anak (IDOLA) Tahun 2030 sangat penting dilakukan.

“Agar ke depan tidak ada lagi kekerasan baik fisik maupun kekerasan verbal, intimidasi dan diskriminasi anak” ujarnya.

“dunia anak adalah dunia gembira, bukan dunia kerja,” tegasnya.

Dalam perayaan puncak HAN 2020 yang berlangsung secara sederhana ini, juga dilakukan pengukuhan Forum Anak Kota Kupang tahun 2020-2021 oleh Wakil Wali Kota. Selain itu Wawali juga menyerahkan secara simbolis akta kelahiran dan Kartu Identitas Anak bagi anak jalanan.

Diharapkan pengurus Forum Anak Kota Kupang terus berprestasi seperti tahun-tahun sebelumnya dan mampu bekerjasama dan mengkoordinir forum anak di tingkat kelurahan.

Pada kesempatan ini pula, dihadapan Wawali dan tamu undangan lainnya, dibacakan Suara Anak Kota Kupang 2020.(Ellena/humas)