Tetap Waspada di Era Tatanan Normal Baru

0 125

KUPANG, FLOBAMORA-SPOT.COM – Pemerintah Kota Kupang telah mengeluarkan Peraturan Walikota tentang petunjuk teknis Juknis Pelaksanaan Tatanan Normal Baru Yang Produktif dan aman Corona Virus Disease 2019 (Covid-19) di Wilayah Kota Kupang, dan melalui sosialisasi Walikota berharap agar protokol kesehatan dalam Perwali 18 tahun 2020 dapat diterapkan dalam setiap aspek.

Ia minta masyarakat tetap Waspada saat memasuki New Normal, meski angka kematian akibat Covid-19 tidak terlalu mengkhawatirkan.

“Tingkat kesembuhan tergolong signifikan. kita patut bersyukur karena angka kesembuhan di NTT mencapai 91 dari 121 kasus positif, 32 yang sembuh diantaranya dari Kota Kupang, angka kematian hanya 1 orang,” ujarnya.

Menurut Wali Kota, untuk mengatasi dampak dari Covid-19, Pemerintah Kota Kupang telah melakukan tahapan penyesuaian anggaran belanja sesuai yang diintruksikan oleh Pemerintah Pusat. Pemkot juga telah measionalisasi APBD tahun anggaran 2020 sebanyak 42,2 milyar untuk penanganan penyakit dan dampak sosial ekonomi akibat pandemi. Rasionalisasi tersebut diarahkan untuk peningkatan kapasitas rumah sakit dan pengadaan alat-alat kesehatan untuk memperlengkapi tenaga kesehatan selaku garda terdepan penanganan Covid-19.

Jajaran Pemkot Kupang saat mengikuti Sosialisasi Perwali Covid-19 di Kupang Selasa (7/7/20)

“Kita berharap melalui sosialisasi pada hari ini, dapat meningkatkan kewaspadaan terutama di kalangan masyarakat. Jadi bapak ibu yang hadir akan kembali ke wilayah masing-masing untuk mensosialisasikan ini kepada masyarakat, sehingga masyarakat tau kita sudah memiliki Perwali yang mengatur protokol Covid-19 kenormalan baru,” jelas Wali Kota.

 

Wali Kota mengapresiasi beberapa perusahaan dan lembaga yang telah memulai kembali aktivitas dengan menerapkan protokol kesehatan. “Ini dapat menjadi motivasi bagi masyarakat untuk turut menerapkan, sehingga kembali produktif namun tetap aman dari penularan pandemi,” tukasnya.

 

Dia berpesan khusus kepada perangkat Kecamatan dan Kelurahan agar mensosialisasikan protokol Covid-19 yang tercantum dalam Perwali. “kita harus kreatif dan terus berinovasi, memanfaatkan kesempatan dan sumberdaya yang dimiliki di tengah kesulitan ini semata-mata untuk melindungi kesehatan masyarakat,” imbaunya. (PKP_jms/frd/Sintus).