Para Babinsa Harus Bisa Berikan Contoh Bertani Kepada Masyarakat

0 146

KUPANG, FLOBAMORA-SPOT.COM – Komandan Kodim 1604/Kupang Kolonel Arh I Made Kusuma Dhyana Graha, S.I.P bersama Danramil 1604-01/Kupang Mayor Inf Harjito, S.Pd dan para Babinsa di wilayah itu melakukan pamasangan Plastik Mulsa Hitam Perak di lokasi lahan demplot Kodim 1604/Kupang dalam rangka “TNI Peduli Inflasi” bertempat di Desa Noelbaki.

“Pemasangan mulsa plastik di lahan demplot merupakan salah satu metode penyuluhan pertanian kepada para Babinsa supaya nantinya bisa memberikan contoh di wilayah binaannya masing-masing kepada para kelompok tani serta masyarakat lainnya agar bisa melihat dan mengikuti”, kata Dandim saat berada di Noelbaki RT 015/ RW 007 Kecamatan Kupang Tengah Kabupaten Kupang, Kamis (07/5/20).

Dandim menambahkan lahan demplot (Demonstrasi Plot) ini disiapkan apabila pandemi Covid-19 masih berkepanjangan, maka Kodim 1604/Kupang menyiapkan ketahanan pangan untuk masyarakat. Selain itu, juga sebagai pendukung salah satu program yang dicanangkan oleh Pemerintah Pusat dalam mensukseskan program swasembada tanaman pangan di tengah pandemi Covid-19.

“Mulsa plastik sendiri digunakan atas dasar tujuan untuk menjaga dan melindungi segala permukaan tanah dari terjadinya pengikisan, menjaga kadar kelembaban juga struktur tanah, serta untuk menghalangi pertumbuhan gulma,” Kata Dandim.

“Semoga dengan media demplot ini diharapkan juga berdampak pada peningkatan, pengetahuan dan keterampilan petani, sehingga kedepannya produktivitas tanaman pangan di wilayah Kabupaten Kupang semakin meningkat,” harap Dandim. (Pendim1604/Kupang)