Bupati Kupang: “Jangan Pesimis”

0 94

AMARASI, FLOBAMORA-SPOT.COM – “Banyak potensi yang dapat dikembangkan di Kabupaten Kupang untuk maju. Namun kita perlu membangun dengan sikap optimisme, semangat dan penuh keyakinan Jangan Pesimis,  bahwa kita kurang dan tidak mampu”.

Bupati Kupang Korinus Masneno sedang menyampaikan sambutan pada Musrenbangcam di Amarasi Selatan Selasa (11/2)

Hal tersebut disampaikan Bupati Kupang Korinus Masneno pada acara Pencanangan Penyelenggaraan Musrenbang Rencana Kerja Pemerintah Daerah (Musrenbang RKPD) Tingkat Kecamatan Tahun 2020 yang berlangsung di GMIT Bethel Kelurahan Sonraen Kecamatan Amarasi Selatan, Selasa (11/02-2020).

Lebih lanjut Bupati Kupang Korinus Masneno mengatakan, sudah saatnya Pemerintah dan masyarakat sadar akan kelebihan yang dimiliki dan apa yang telah dikerjakan untuk maju dengan membuang sikap pesimis.

“Sikap pesimis terkadang membuat kita akhirnya tidak berani melangkah dan menjadi lebih baik padahal kita punya kemampuan dan potensi”, ujarnya.

Dirinya mengajak masyarakat Kabupaten Kupang optimis untuk dapat menggapai kehidupan yang lebih baik dan sejahtera.

“Pembangunan terbaik ialah dengan mengenal apa yang menjadi potensi kita dan mengembangkannya. Untuk itu pembangunan di Kabupaten Kupang jelas Masneno perlu dikerjakan secara revolusioner dan sungguh-sungguh demi mencapai hasil yang diinginkan melalui 5 bidang diantaranya Pertanian, Perkebunan,Ppeternakan, Perikanan dan Pariwisata”, katanya.

Ia menyebut, dalam bidang pariwisata Pemkab Kupang dalam lima tahun kedepan akan fokus membangun 4 objek wisata unggulan dan dimulai pada tahun 2020 dengan membangun objek wisata Teres Kecamatan Amarasi Selatan.

“Pengembangan pantai Teres akan didukung fasilitas lainnya mulai dari pemenuhan kebutuhan listrik dan penerangan,  jalan masuk yang memadai, pengembangan  pertanian, peternakan, home stay hingga fasilitas lainnya yang menunjang pengembangan pariwisata di tempat ini. Kita integrasikan pembangunan objek wisata ini dengan didukung berbagai sektor sehingga percepatan pengembangan dapat dilaksanakan,” Jelas Masneno.

Selain itu dirinya tak lupa mengingatkan untuk menjadi berhasil perlu juga memahami kekurangan yang ada, memperbaikinya dan menjadi lebih baik dengan segala potensi yang dimiliki.

“Mari belajar dari keterbatasan, benahi dan pahami untuk menjadi lebih baik,” Ungkap Bupati Masneno.

Melalui forum Musrenbang ini, dirinya sangat berharap terwujudnya sistem perencanaan pembangunan yang baik, sesuai dengan RPJMD yang telah dirumuskan dan menjadi rujukan pokok program tahun 2021.

Kepada DPRD Kabupaten Kupang dirinya mengucapkan terima kasih atas kerjasama membangun masyarakat dan berharap terus terbangun sinergi bersama dalam mewujudkan Kabupaten Kupang yang maju dan sejahtera. Dirinya berharap kehadiran Pemerintah dapat memberi arti dalam memajukan masyarakat.

Anggota DPRD Kabupaten Kupang Hans S. Taopan mengatakan apresiasi atas pelaksanaan Musrenbang tingkat Kecamatan yang menurutnya merupakan sistem perencanaan dari bawah dimana aspirasi masyarakat menjadi dasar pelaksanaan pembangunan. Kendati demikian, Hans mengharapkan apa yang disampaikan melalui forum Musrenbang ini merupakan kebutuhan masyarakat bukan pada apa yang kita inginkan dengan harapan. “Mari usulkan apa yang kita benar-benar butuhkan, jadikan itu skala prioritas bukan apa yang kita inginkan,” ungkap Taopan.

 

Sementara itu Kepala BP4D Kabupaten Kupang Marthen Rahakbauw melaporkan, forum Musrenbangcam menjadi wadah harmonisasi dan sinkronisasi perencanaan pembangunan yang dimulai dari bawah. melalui forum ini akan ditetapkan skala prioritas pembangunan tingkat Kecamatan yang merupakan hasil usulan masyarakat Desa/Kelurahan untuk dapat dilaksanakan melalui kegiatan pembangunan. Dijelaskannya dengan dibukanya kegiatan pencanangan penyelenggaraan Musrenbang RKPD di Kecamatan Amarasi Selatan menandai dibukanya Forum Musrenbangcam di kecamatan lainnya se -Kabupaten Kupang.

Turut Hadir dalam acara tersebut Sekda Obet Laha dan sejumlah Anggota DPRD Kabupaten Kupang diantaranya Ketua Komisi 3 Yogerens Leka, Ketua Komisi 2 Deasy Ballo Foeh, Hans Sumbu Taopan, Daud Ulu, Lorens Buknoni, Pimpinan OPD dan Camat Lingkup Pemkab Kupang. (Beny/Sintus)