Jerry: “Imigrasi Sedikit Kepala Pusing Dengan Orang Kabupaten Kupang”.

0 9.917

KUPANG, FLOBAMORA-SPOT.COM – Kantor Imigrasi tahun 2020 ini merayakan hari bakti Imigrasi ke-70. Di Kupang Perayaan dipusatkan di halaman depan Kantor Imigrasi  di jalan Bumi III Kelurahan Oesapa Selatan Kota Kupang Kupang. Kehadiran kantor Imigrasi Kupang untuk melayani masyarakat baik Kota maupun Kabupaten serta masyarakat dari Kabupaten lainnya di NTT dalam pengurusan Pasport.

“Orang Imigrasi sedikit kepala Pusing dengan masyarakat Kabupaten Kupang, karena jika masyarakat Kota mengurusi pasport untuk pergi berlibur ke luar negri namun  masyarakat Kabupaten Kupang mengurus pasport untuk menjadi TKI – TKW”, ujar Wakil Bupati Kupang Jerry Manafe dalam sambutannya pada puncak perayaan Hari Bhakti Imigrasi ke-70 Senin (27/1/2020).

Kakannwil Kemenkumham bapa Asep Syarifudin sedang menyuap Kakanim Kupang bapa Sjahril dalam perayaan Hari Bakti Imigrasi ke-70 di Kupang Senin (27/1).

Menurut Wabup Jery Manafe, Kabupaten Kupang yang berbatasan langsung dengan Timor Leste dalam waktu dekat akan membangun kantor Pos Lintas Batas Negara  (PLBN) di kecamatan Amfoang Timur Desa Naktuka untuk memperat hubungan kedua Negara.

“Dan hal ini tentu membutuhkan kantor Imigrasi di pos batas. saya berharap, pihak Kantor Imigrasi Kupang dapat berpikir untuk membangun kantor Imigrasi di Kabupaten Kupang demi  mempermudah pelayanan keimigrasian. Kasihan Kabuapten Kupang dengan wilayah yang begitu luas harus antri ke sini”, katanya.

Kabupaten Kupang tambah dia, memiliki lahan yang cukup luas khususnya di daerah Civic Center (Kompleks kabtor bupati Kupang) untuk membangun sebuah kantor Imigrasi.

“Pak Kakanim (Kepala Kantor Imigrasi) dengan pak Kakanwil Kemenkumham   ada kesempatan boleh meninjau ke sana dan kita siap memfasilitasi”, ujarnya.

Sedangkan Kepala kantor Wilayah kementrian Hukum dan Hak Asai Manusia Nusa Tenggara Timur – Kakanwil Kemenkumham NTT Asep Syarifudin, BC., IP, SH, CN, MH meminta Kepala Kantor Imigrasi Kupang untuk berkolaborasi dengan seluruh Pemangku kepentingan yang ada di Kota Kupang dalam mendorong berbagai program yang dicanangkan Kantor Imigrasi Kupang.

“Apa lagi tadi dia menyampaikan mau berkomitmen bersinergi dengan seluruh Pemangku kepentingan di Kota dan Kabupaten Kupang  itu sangat luar biasa”, ujar Asep.

Sementara, Kepala Kantor Imigrasi  (Kakanim) Kupang, Syahril,  mengatakan, pihaknya sangat konsern kepada siapapun yang membutuhkan jasa pelayanan keimigrasian dengan super prioritas memberikan pelayanan serta mendukung kebijakan Nasional dan pemerintah Provinsi NTT.

“Saat ini NTT menjadi daerah tujuan Wisata dalam skop Internasional sehingga  Imigrasi sangat mendukung Pemerintah Provinsi yang menjadikan Kupang terhubung dengan Dilli dan direncanakan penerbangan Kupang – Darwin, juga Maritaing yang merupakan pelabuhan Internasional”, jelasnya.

Ia mengatakan, keberadaan Imigrasi sangat penting dalam menjawab kebutuhan pelintas batas baik WNI maupun WNA yang masuk dan keluar Indonesia.

“Kami sebagai insane Imigrasi selalu siap di tempat pemeriksaan Imigrasi darat, Laut, Udara maupun  Pos Lintas batas”, tegasnya.

Ia menambahkan, pihak Imigrasi bekerja secara optimal dalam  menjalankan tugas dengan slogan 3 S, Senyum, Sapa, Salam.

“Tanpa 3s tidak mungkin masyarakat terlayani dengan baik”, pungkasnya. (Sintus)