Woow !! 2019 Terjadi 1.035 Sambaran Petir

  • Bagikan
Walikota Kupang (samping Ka Basarnas / baju Oranges) bersama para peserta Rakor Kesiapsiagaan Bencana Tngkat Kota Kupang Rabu (8/1)
Peserta Rakor Kesiapsiagaan bencana Kota Kupang

KUPANG, FLOBAMORA-SPOT.COM – “Data yang ada di BMKG tahun 2018 443 sambaran petir, sedangkan tahun 2019 sebanyak 1.035 sambaran petir”, kata Kepala Stasiun Geofisika Kelas I Kupang, Robert Owen Wahyu, dalam rapat Koordinasi Kesiapsiagaan bencana tingkat Kota Kupang di Aula Garuda Lantai II Kantor Walikota Kupang Rabu (8/1).

Ia mwanti-wanti masyarakat agar lebih berhati-hati jika ingin keluar rumah pada saat cuaca mulai menunjukkan tanda-tanda hujan.

“Jika awan di langit sudah berwarna hitam segera berlindung di dalam ruangan jangan di bawah pohon. Gedung kantor agar dilengkapi dengan sistem penangkal petir terpadu”, imbaunya.

Lebih jauh ia menyarankan seluruh peserta rapat maupun masyarakat untuk mengunduh aplikasi BMKG dan WRS-BMKG untuk mengetahui informasi mengenai cuaca dan gempa.

Kepala Kantor BASARNAS Kupang, Emi Frizer, mengatakan pihaknya telah menerima instruksi langsung dari Presiden Republik Indonesia terkait penanganan kebencanaan ditgaskan kepada BNPB dan BPBD.

“Kami juga menerima instruksi langsung dari Kepala BNPB untuk segera menjalin komunikasi dan sinergi dengan aparat pemerintah daerah setempat terkait kesiapan dalam tanggap darurat apabila terjadi dampak dari bencana hidrometereologi dari prakiraan Januari hingga Februari”, ujar Emi.

Kepala Staf Kodim – Kasdim 1604 Kupang, Sugeng Prihatin, menambahkan bahwa Kodim Kupang siap membantu dalam penanggulangan bencana yang terjadi.

“Personel Kodim Kupang sebanyak 305 orang yang tersebar di Koramil akan disiapkan 1×24 jam untuk dikerahkan meskipun peralatan yang dimiliki minim”, tegasnya.

Kegiatan dibuka Walikota Kupang Dr. Jefirtson Riwu Kore dihadiri Pejabat dari berbagai Instansi.  (Sintus)

 

 

  • Bagikan