Scroll Ke bawah untuk melanjutkan

Jerry Manafe: “Dinas PMD Tidak Kreatif”


Wabup Kupang Jerry Manafe menunjukkan beberapa judul buku kepada Wartawan di Ruang kerjanya Selasa (15/10). Ia menilai Dinas PMD harus kreatif dalam mendorong para Kades untuk pengadaan buku dengan dana Desa.

OELAMASI, flobamora-spot.com – Wakil Bupati Kupang Jerry Manafe mengeluarkan kritikan pedas terhadap Dinas pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) Kabupaten Kupang. Ia menilai dinas yang dipimpin Charles Panie itu tidak kreatif dalam mendorong para Kepala Desa.

“Saya mau Dinas PMD itu mendorong para Kades untuk pengadaan buku. Dana Desa di Kabuapten Kupang itu minimal 1, 5 Milyar. Dengan dana desa 50 juta saja sudah ada ribuan judul buku di Perpustakaan desa. Kenapa di Nagekeo bisa ada Literasi desa di sini tidak. Dinas PMD Baingao”, tegas Wakil Bupati Kupang Jerry Manafe kepada sejumlah Wartawan di Ruang kerjanya Selasa (15/10).

Menurut dia, pengadaan buku bisa disesuaikan dengan Program Revolusi 5P yang menjadi program unggulan Bupati dan Wakil Bupati sekarang.

“Misalnya buku tentang Peternakan, Perkebunan, Pertanian, Perikanan dan Pariwisata. Ini salah satu membangun Sumber Daya Manusia kabupaten Kupang”, ucap Ketua Partai Golkar Kabupaten Kupang ini.

Masyarakat di pedesaan sangat jauh dari informasi sehingga pengadaan buku merupakan salah satu cara mengedukasi mereka.

 “Asal disosialisasi dengan baik oleh PMD sehingga kita tidak bersentuhan dengan hukum to. Terus saya juga minta dari Perpustakaan dan Arsip untuk menyiapkan buku untuk Kantor Camat. Lihat buku-buku  yang berkaitan dengan 5P. Kemarin saya ke Amfoang saya lihat buku yang ada tu sudah dari taon tidak enak pung. Tidak jelas lai”, tegasnya sambil menunjukkan beberapa buku yang ada di ruang kerjanya.

Seperti disaksikan Wartawan, ada belasan buku dengan judul yang menarik disiapkan Wakil Bupati di Ruang kerjanya.

“ADa Judul  “Pencegahan narkoba di desa, memberdayakan ibu-ibu di desa, Mengelola Keuangan Desa dan berbagai  buku lainnya. Kalo judulnya menarik orang akan tertarik”, pungkasnya.

Kadis PMD Kabupaten Kupang Charles Panie dalam sebuah perbincangan dengan Media ini di Gedung DPRD Kabupaten Kupang mengatakan, dinas yang dipimpinnya merupakan ujung tombak Program Revolusi 5P yang diluncurkan Pemerintah.

“Selain Dinas Terkait (Pertanian, Perkebunan, Perikanan, Peternakan dan Pariwisata), Dinas PMD menjadi ujung tombak pelaksanaan Program 5P. tugas kami melakukan Edukasi dan informasi pembangunan kepada masyarakat”, ucap Mantan Pejabat di Pemerintah Kota Kupang itu.

  • Bagikan