Scroll Ke bawah untuk melanjutkan

Jerry: “Karang Taruna Gatra Harus Picu Tumbuhnya Wira Usaha Pemula”



Wakil Bupati Kupang Jerry Manafe dan jajarannya bersama Angggota Karang Taruna Gatra Kelurahan Tarus saat pebutupan pelatihan Senin (30/9).

TARUS, FLOBAMORSSPOT.COM – “saya harapkan agar Karang Taruna Gatra kelurahan Tarus menjadi pemicu tumbuhnya wirausaha pemula, menjadi wirausaha handal yang memiliki daya saing dan kompetitif serta kooperatif dipasaran dengan skill yang terus ditingkatkan serta naluri bisnis yang terus diasah. Saya yakin produksi kerajinan tangan dari pemuda Gatra Tarus yang mulai dirintis dan kelompok  usaha lain yang ada disekitaran Tarus akan mampu bersaing di pasar kota Kupang dan segmen pasar lainnya di Kabupaten Kupang oleh karena posisi Tarus yang sangat strategis”, kata Wakil Bupati Kupang Jerry Manafe saat mengikuti kegiatan penutupan Pembekalan Wirausaha Tenaga Kerja Mandiri TA.2019 yang dilaksanakan oleh Dinas Nakertrans Kabupaten Kupang bekerja sama dengan Bengkel Kreatif Kerajinan Tangan di Kelurahan Tarus , Kecamatan Kupang Tengah, Senin (30/9).


Dalam sambutannya Wakil Bupati Kupang Jerry Manafe menyampaikan bahwa meningkatnya angka pengangguran yang cukup tinggi di hampir semua strata pendidikan dan semua wilayah, disebabkan adanya ketidakseimbangan antara pertambahan angkatan kerja baru setiap tahun dan pertumbuhan lapangan kerja sangat sedikit . 

“Mencermati kondisi ketenagakerjaan seperti ini, pemerintah Kabupaten Kupang brsama pemerintah pusat berupaya melakukan berbagai kebijakan dan program dalam rangka meningkatkan program dan produktifitas tenaga kerja dengan berbagai terobosan antara lain, menciptakan wirausaha baru  melalui pembekalan tenaga kerja mandiri agar mampu memanfaatkan potensi dirinya dan sumber daya alam yang ada di sekitarnya sehingga menghasilkan produk baru yang inovatif dan memiliki prospek pasar”, urainya.

Kreatifitas  dan inovasi yang telah dilakukan pemuda kreatif Gatra Tarus difasilitasi oleh pemerintah pusat melalui Disnakertrans juga Disperindag yang telah ditunjukan oleh generasi muda sebagai bentuk kontribusi nyata bagi pemecahan masalah pengagguran di Kabupaten Kupang yang diakibatkan oleh kurangnya  ketrampilan dan rendahnya jiwa wirausaha para pencari kerja .


Sebelum mengakhiri sambutannya, Jerry Manafe mengatakan bahwa Karang Taruna Gatra adalah orang-orang yang serius mau melakukan sesuatu untuk mengubah pola hidup menjadi sesuatu yang lebih bernilai. 

“Saya harapkan  momen ini jangan disia-siakan apalagi sudah difasilitasi oleh pemerintah lewat Disnakertrans maupun Disperindag serta dukungan dari Bank NTT, saya pikir ini ada satu prospek yang bagus “, ujarnya.

Wakil Bupati Jerry berharap hasil kerajinan ini jangan terputus, juga dari dinas Nakertrans dan Perindustrian untuk bisa dibantu sesuai dengan proposal  dan jika sudah sesuai proposal berarti tidak ada alasan untuk Gatra tidak melakukan sesuatu yang baik.

“Jangan cepat puas terhadap sesuatu yg sudah ada dan jangan menunggu bantuan, mulailah bekerja karena bantuan pasti datang dengan sendirinya, imbaunya.

Kadis Nakertrans Kris Koroh mengatakan bagaimana membangun jejaring kerja , jika sudah berwirausaha bukan hanya dengan pemerintah tapi dengan sesama rekan wirausaha.

“Untuk mendapatkan kepercayaan, seorang wirausahawan tidak boleh pesimis bahwa tidak bisa melakukan sesuatu, tapi harus berpikir optimis terhadap usahanya. Dan terus membangun kepercayaan. Jika sudah promosi, hati-hati dengan kontinyuitas produksi”, pungkasnya.

  • Bagikan