Masyarakat Tiga Daerah di NTT Terima Sertifikat Dari Presiden RI


Oelamasi , flobamora-spot.com — 2.706 masyarakat dari 3 daerah masing-masing Kabupaten TTS, Kabupaten Kupang dan Kota Kupabg hari ini boleh berbangga karena tanda bukti hak atas tanah berupa sertifikat diserahkan langsung oleh Preaiden Republik Indonesia Ir. Joko Widodo. Sekitar 50 Sertifikat diterima warga Kabupaten Timor Tengah Selatan, 1.709 Sertifikat tanah dilahan ex HGU PKGD dan 500 Sertifikat tanah masyarakat Kabupaten Kupang, serta 450 Sertifikat tanah bagi warga kota Kupang. Acara penyerahan tersebut digelar di halaman Kantor Bupati Kupang, Nusa Tenggara Timur dal

Dalam sambutannya, Presiden Jokowi berpesan kepada seluruh penerima untuk menjaga sertifikat tanahnya dengan baik.

“Ini adalah tanda bukti hak hukum atas tanah yang kita miliki, namanya sertifikat. Sekali lagi, ini adalah tanda bukti hak hukum atas tanah yang kita miliki,” ujar Presiden dalam sambutannya usai menyerahkan sertifikat kepada masyarakat Rabu, (21/8).


Kepala Negara membeberkan alasan pentingnya sertifikat dimiliki oleh setiap masyarakat. Menurutnya, setiap ia berkunjung ke daerah, sengketa tanah dan lahan sangat sering dikeluhkan warga kepada dirinya.

“Ada tetangga dengan tetangga, ada masyarakat dengan perusahaan, masyarakat dengan pemerintah. Karena apa? Karena masyarakat tidak pegang yang namanya tanda bukti hak hukum atas tanah,” imbuhnya.

Presiden Jokowi juga berpesan agar masyarakat bersikap bijak dan teliti jika ingin menggunakan sertifikatnya sebagai agunan atau jaminan untuk meminjam uang di bank.

“Saya titip, tolong kalau mau pinjam ke bank itu dihitung dulu, dikalkulasi dulu. Bisa ngangsurnya enggak? Bisa nyicilnya enggak? Kalau enggak, jangan pinjam uang ke bank,” katanya.

Lebih lanjut, Kepala Negara berpesan agar masyarakat menggunakan seluruh uang hasil pinjaman dari bank tersebut untuk hal yang produktif. Misalnya, untuk usaha pertanian, membuka toko, atau menambah modal usaha.

“Jadi saya titip kalau ada yang mau pinjam ke bank, dapat Rp30 juta, gunakan seluruhnya untuk usaha. Jangan sampai dipakai untuk beli sepeda motor, atau TV, nanti dulu,” tandasnya.

Seperti biasa pada setiap pertemuannya dengan masyarakat Presiden Jokowi selalu memberikan kuis. Kali ini orang nomor Satu di Indonesia itu meminta tiga orang untuk membacakan Pancasila kepada masyarakat yang hadir. Tiga orang yang beruntung mendapatkan foto dengan Presiden Jokowi dengan hadiah sepeda.

Hadir bersama Presiden Jokowi dalam acara tersebut antara lain, Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala BPN Sofjan Djalil, Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko, Staf Khusus Presiden Gories Mere, Gubernur NTT Viktor Bungtilu Laiskodat, dan Bupati Kabupaten Kupang Korinus Masneno.

  • Bagikan