Scroll Ke bawah untuk melanjutkan

Jajaran Pemkab dan Pemkot Kupang, Pisah Sambut DANDIM 1604/Kupang


Walikota menjabat erat Dandim 1604 / Kupang yg baru Kol. I Made.

Kupang, flobamora-spot.com – Jajaran Pemerintah Kabupaten dan Kota Kupang bersama Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkompimda) Rabu (14/8) mengikuti acara pisah sambut Dandim 1604/ Kupang di Restaurant Nelayan.
Acara pisah sambut menindaklanjuti serah terima jabatan Komandan Komando Distrik Militer 1604/Kupang yang dipimpin Komandan Korem 161/Wirasakti, Brigjen TNI Syaiful Rahman, S.Sos dari Letkol (Kav) F. X. Aprilian Setyo Wicaksono, S.Sos (jabatan baru sebagai Wakil Komandan Pusat Pendidikan Pengetahuan Militer dan Umum Kodiklat AD) kepada Kolonel (Arh) I Made Kusuma Dhyana Graha, S.IP yang sebelumnya menjabat Pamen Detasemen Markas Besar Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat.

Letkol April (panggilan akrab) memohon maaf atas kekurangan yang terjadi selama menjabat sebagai Dandim serta berterima kasih atas bantuan dan kerjasama yang terjalin bersama Pemerintah Kota dan Kabupaten Kupang juga forum koordinasi pimpinan di kedua daerah yang berdampingan tersebut.

“Selama menjabat tentu ada kendala namun dapat diatasi berkat kerjasama yang terjalin diantara unsur-unsur Forkopimda khususnya dukungan dari kedua pemerintah daerah,” ujar

Walikota dan Bupati Kupang bersama Danrem Wirasakri 161 Kupang Brigjen Syaiful Rahman dan dua Dandim 1604 / Kupang dalam pisah sambut di restoran nelayan

Komandan Kodim 1604/Kupang yang lama, Letkol (Kav) F. X. Aprilian Setyo Wicaksono, S.Sos saat menyampaikan kesannya selama menjabat sebagai komandan Kodim 1604/Kupang 22 bulan di wilayah Kabupaten dan Kota Kupang.

Dirinya mengakui bekerja di wilayah yang cukup luas mencakup Kabupaten dengan 24 kecamatan serta Kota Kupang yang mencakup 6 kecamatan dengan karakteristik masyarakatnya masing-masing dirasa merupakan pengalaman yang cukup menantang sepanjang karirnya di militer.

Tahun ini setelah melalui verifikasi organisasi di lingkungan TNI Angkatan Darat, Komando Distrik Militer 1604/Kupang dan 35 kodim lainnya ditingkatkan statusnya dari tipe B menjadi tipe A sesuai Peraturan Panglima Tentara Nasional Indonesia nomor 6 tahun 2019 tentang Peningkatan Status Komando Distrik Militer (kodim) tipe B menjadi Tipe A, sehingga dikepalai oleh seorang colonel.
“Kebetulan beliau adalah senior yang menjadi panutan saya, beliaulah yang ikut menyeleksi saya menjadi dandim serta dosen di Sesko yang memberi pembekalan kepada saya. Pengalaman beliau lebih banyak dan tentu dapat mengemban tugas-tugas sebagai Dandim yang baru lebih baik dari saya,” tambahnya.

Sementara, Komandan Kodim 1604/Kupang yang baru Kolonel (Arh) I Made Kusuma Dhyana Graha, S.IP dalam menyatakan bangga serta tersanjung dengan sambutan luar biasa dan penuh keakraban yang ditunjukkan Walikota, Bupati dan unsur forkompimda beserta jajaran masing-masing pada malam itu.
“saya sungguh terharu dan tidak menyangka sambutannya akan seperti ini,” katanya.
Lebih lanjut dirinya mengatakan bahwa Kota Kupang sudah dianggapnya sebagai tanah kelahiran kedua, karena kedua orangtuanya bekerja dan bertemu di Kota Kupang, dirinya juga pernah tercatat sebagai siswa di SMP Negeri 2 Kupang.

Sebelum menjabat Dandim, Kolonel Made, panggilan akrab tentara lulusan Akmil itu, sudah melalui berbagai mutasi dan promosi di lingkungan TNI Angkatan Darat, salah satunya di Seskoad dimana dirinya pernah menjadi panitia dan dosen dalam seleksi Dandim yang pernah diikuti oleh Letkol April.
Sebelum itu, Kolonel Made telah berpindah-pindah dinas, antara lain di Malang beberapa kali, Palembang, Bogor, Cimahi, Jakarta sebagai Danyon, menjabat Dandim 1611/Badung, tempat kelahirannya, kemudian bertugas di Markas Besar TNI AD di bidang kerjasama internasional, hubungan luar negeri lalu dipromosikan sebagai Komandan Resimen di Kodam Jaya Jakarta sebelum menjadi dosen di Sekolah Staf dan Komando AD, lalu mendapat kesempatan mengikuti tes Sesko TNI, dinyatakan lulus dan mengikuti pendidikan selama 7 bulan sebelum dipercaya menjabat Dandim 1604/Kupang, yang mengalami peningkatan status dari tipe B ke tipe A hasil validasi organisasi di lingkungan TNI AD.
“Dengan adanya peningkatan status tersebut berimplikasi pada pangkat pejabat Dandim, juga nanti berpengaruh pada pejabat-pejabat di bawahnya, seperti kasdim hingga koramil, tapi untuk itu masih dal
Walikota Kupang, Dr. Jefirstson R. Riwu Kore, MM, MH dalam sambutannya, menyampaikan terimakasih kepada Letkol April yang telah banyak membantu selama 22 bulan menjabat sebagai Dandim 1604/Kupang,
“Kami sangat terbantu dalam proses pemulihan pasca bencana putting beliung yang pernah melanda Kota Kupang dan menyebabkan kerusakan cukup parah beberapa bulan lalu,” kenang Dr. Jefry RIwu Kore.

Dirinya menilai peran Kodim saat itu sangat membantu pemerintah daerah memulihkan kondisi yang dialami masyarakat yang terdampak bencana. Selain itu, Walikota Kupang mengatakan bahwa Kodim di bawah pimpinan Letkol April telah sangat membantu memelihara kondusifitas situasi di wilayah Kota Kupang, sehingga masyarakat hidup harmonis ditengah keberagaman masyarakatnya,

“terima kasih Letkol April atas bantuannya selama ini dalam menjaga kota kupang menjadi rumah besar persaudaraan seperti yang selama ini dibanggakan kita semua. Saya yakin Kolonel Made Kusuma juga akan banyak membantu kami seperti halnya Letkol April,” ujarnya.

Pada akhir sambutan, Walikota Kupang kembali menyampaikan selamat serta mendoakan agar Letkol April Wicaksono beserta isteri sukses di tempat tugas yang baru, dan mengucapkan selamat datang kepada Kolonel Made Kusuma di Kota Kupang.

Acara dilanjutkan dengan sambutan dari Bupati Kupang, Korinus Masneno dan diikuti penyampaian selamat dari jajaran baik Pemerintah Daerah maupun Kodim 1604 Kupang kepada kedua pejabat TNI tersebut.

Tampak Walikota Kupang dan Bupati Kupang masing-masing memberikan bingkisan serta selimut tenun ikat khas daerah NTT baik kepada Letkol April Wicaksono beserta isteri maupun kepada Kolonel Made Kusuma dan isteri sebelum mengakhiri acara penuh keakraban. (Humas).

  • Bagikan