Jerry Manafe: Kita Perlu Ubah Mindset

  • Bagikan



Wabup Kupang Jerry Manafe saat buka Bursa Invasi desa di Baumata

Baumata, flobamora-spot.com – Bursa Inovasi Desa Zona IV dan Rapat Koordinasi Tingkat Kabupaten Kupang untuk kecamatan Taebenu, Nekamese, Kupang Barat, Semau dan Semau Selatan, digelar selasa (30/7/2019).
Dengan demikian berakhir sudah seluruh rangkaian kegiatan Bursa Inovasi Desa yang dihelat dinas PMD Kabupaten Kupang selama 4 kali berturut-turut dalam 4 pekan di bulan Juli 2019.

Wakil Bupati Kupang Jerry Manafe yang membuka kegiatan ini mengatakan, pelaksanaan Bursa Inovasi Desa hari ini diharapkan dapat memberikan motivasi dan inovasi-inovasi baru bagi desa untuk berpartisipasi dalam proses menggali dan memanfaatkan potensi yang ada. “Saya mengajak Kadis PMD kabupaten Kupang, Para Camat dan Kepala Desa untuk selalu bergandengan tangan membangun desanya menjadi desa yang maju, mandiri dan sejahtera”, imbaunya.
“Kita perlu merubah cara berpikir (mindset), bulatkan tekad, kerja, kerja dan kerja demi pembangunan daerah Kabupaten Kupang yang lebih baik”, tambahnya.
Jerry menghimbau kepada para Kepala Desa agar dalam mengelola dana desa jangan hanya dipakai untuk infrastruktur saja.
“Soal infrastruktur percayakan kpd Pemprov dan Pemkab yang terpenting adalah penggunaan dana desa yang lebih efektif dan inovatif”, katanya.
Selain itu, Wakil Bupati Kupang ini juga berpesan kepada para Kades untuk mengembangkan potensi yg ada di desa secara baik, peka melihat peluang demi mendatangkan kesejahteraan bagi masyarakatnya.
“Alam kita adalah alam yang indah, punya beragam potensi, peluang seperti ini jgn di sia-siakan”, harap dia.
Pada kesempatan itu juga tak lupa Jerry menginformasikan kepada para Kades tentang kunjungan peserta Pan Indo Hash tanggal 2 dan 3 Agustus 2019 di Kabupaten Kupang. Tanggal 2 Agustus di Kecamatan Fatuleu Tengah dan 3 Agustus di kecamatan Kupang Barat. “Para peserta yang hadir dalam kegiatan ini berjumlah 2000 lebih orang terdiri atas para Pengusaha dari Kalangan Ekonomi Atas, jelas secara keuangan mereka tidak berkekurangan sedikitpun malahan tujuan mereka adalah berfoya-foya dan bersenang-senang melintasi alam, sesuai motto mereka adalah fun, fitnes and friendship”, urainya.
“Saya menghimbau kerahkan masyarakat di desa untuk menjual hasil pangan dan kerajinan tangan mereka yg dikemas secara menarik sehingga menggugah para peserta untuk membeli”, sambunya.
Pada akhir sambutannya, Jerry Manafe menginginkan Dinas PMD, Camat dan Kades untuk pro aktif melihat program desa, berkreasi, kolaborasi, bersinergi bangun desa menjadi maju dan sejahtera.
“Bila perlu diadakannya Bimtek Undang-Undang Desa agar menjawab semua kebutuhan dan jelas peruntukannya, sebab kegiatan ini juga merupakan bagian komitmen kita melaksanakan amanah UU No 6 Tahun 2014 tentang Desa dalam mengembangkan rencana dan pelaksanaan pembangunan desa yang berkualitas sehingga menjadi desa produktif dan mandiri serta mempersiapkan pembangunan sumber daya desa yg memiliki daya saing.
Ketua Panitia kegiatan Sarlota P.Tabelak melaporkan, program Inovasi Desa merupakan salah satu upaya pemerintah untuk meningkatkan dan mendorong pemanfaatan dana desa lebih berkualitas dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat desa dan mengembangkan potensi yg ada di desa setempat.
“Tahapan dalam program inovasi desa adalah diselenggarakannya Bursa Inovasi Desa”, ucap dia.
Hadir dlm kegiatan ini Wakil Bupati Kupang Jerry Manafe didampingi Kepala Dinas PMD Provinsi NTT, Sinun P. Manuk, Kadis PMD Kabupaten Kupang Charles Panie, Camat Taebenu, Eliaser Mannesi, Camat Kupang Barat, camat Nekamese, Camat Semau, Camat Semau Selatan,Tokoh Agama,Tokoh masyarakat dan undangan lainnya. (Humas / sintus).

  • Bagikan