Viktor: Kita Perlu Konsolidasi

  • Bagikan


Nagekeo, flobamora-spot.com –  “Kita ini hebat-hebat tapi belum mampu konsolidasi. Kita perlu konsolidasi kekuasaan, konsolidasi anggaran dan konsolidasi informasi. Mari kita bangun sejarah baru, buat daerah NTT jadi lebih hebat lagi.”

Demikian ajakan yang dilontarkan Gubernur NTT, Viktor Bungtilu Laiskodat, SH,M.Si, dalam pertemuannya bersama seluruh jajaran Pemerintah Kabupaten Nagekeo, bertempat di Aula Kantor Bupati Nagekeo, Rabu (01/5/2019). Dalam rangkaian kunjungan kerjanya yang dimulai tanggal 1 Mei 2019 ini, Gubernur Viktor bersama Ketua DPRD NTT Anwar Pua Geno, dijadwalkan mengunjungi Kabupaten Nagekeo, Ngada dan akan berakhir di Manggarai Timur pada tanggal 4 Mei 2019.

Dalam tatap muka dengan lebih dari 400 orang ASN Nagekeo itu, Gubernur Viktor menyampaikan sejumlah motivasi dan ajakan untuk bersama membangun NTT yang dianalogikannya sebagai raksasa yang sedang tidur. Punya banyak potensi, tapi belum dikelola maksimal. Beberapa daerah contoh disebutnya menjadi hebat karena kemampuan mereka membangun konsolidasi internal. Secara khusus kepada para ASN, putra semau itu mengajak untuk mendukung kepemimpinan pasangan Bupati Dr. Johanes Don Bosco dan Marianus Waja, SH.

“Saya harapkan tidak lagi ada kesetiaan ganda karena urusan politik. Siapa pun dia, kalau bagus kerja kita pakai. Saya dorong semua untuk berpartisipasi mendorong etos kerja baru. Harapan saya, bupati baru bisa didukung, agar mampu melakukan diagnosa persoalan-persoalan sosilogis” begitu ajak Gubernur Viktor Lasikodat optimis.

Lebih lanjut Gubernur Viktor meminta ASN untuk mengutamakan dua fungsi pemerintah yakni sebagai regulator dan fasilitator.

“Seorang aparatur itu tuannya adalah aturan. Perhatian ketentuan perundangan dan mulai berpikir out of box. Aturan tidak ada, kewenangan ada, lakukan diskresi. Gubernur akan berhadapan dengan siapa saja untuk itu. Karena memang untuk mengejar ketertinggalan, kita tidak bisa dengan langkah-langkah biasa saja,” demikian tambah Viktor sambil menyebutkan salah-satu ciri orang cerdas itu adalah rapat cepat, kerja banyak dan hasil maksimal.

Dalam kesempatan yang sama Viktor Laiskodat juga menyebutkan pentingnya mendukung aktivitas Dekranasda dan PKK di daerah. Dia mengatakqn, sebagai sebuah organisasi yang punya struktur basis hingga desa, Dekranasda dan PKK harus disiapkan dengan baik.

Sementara itu, Ketua DPRD Provinsi NTT, Anwar Pua Geno mengungkapkan dirinya merasa bangga bisa mendampingi Gubernur dalam kunjungan pertamanya di Kabupaten Nagekeo. Sebagai mitra pemerintah, DPRD NTT akan terus mendukung setiap program maupun inovasi-inovasi baru yang dicanangkan oleh Gubenur. Baginya, banyak Program Gubernur Viktor Laiskodat yang memberikan dampak positif terhadap masyarakat.

”Kalau bapak ibu lihat pak Gubernur berpidato, terus saya banyak angguk-angguk itu artinya cocok dan setuju. Itu biasanya palu persetujuannya cepat. Tapi kalau bapak ibu lihat saya garuk-garuk kepala, itu artinya perlu didiskusikan lagi kata Pua Geno yang mulai menyapa hadirin dalam bahasa inggris, karena ingat dengan Program English Day setiap Hari Rabu.

Dalam sesi diakusi tujuh orang penanggap meminta perhatian Gubernur NTT terhadap persoalan kinerja pemerintah, infrastrusktur dan pemberdayaan. Mereka menyebutkan pentingnya ketersedian air untuk pertanian, bandara, pelabuhan, jalan dan irigasi pertanian. (Biro Humas dan Protokol NTT

  • Bagikan