Scroll Ke bawah untuk melanjutkan

Tahapan Pemilu Kada di Kabupaten Kupang, Mulai Bergulir

Acara peluncuran tahapan pemilihan bupati dan wakil bupati kabupaten Kupang Jumat (5/4/24).

OELAMASI, FLOBAMORA-SPOT – KPUD Kabupaten Kupang meluncurkan tahapan pemilihan Bupati wakil bupati tahun 2024.

Kegiatan berlangsung di halaman kantor KPUD kabupaten Kupang Jumat (5/4/24).

Dengan peluncuran ini maka tahapan pemilu kada resmi bergulir.

Ketua KPUD Kabupaten Kupang Nichson Manggoa dalam sambutannya saat membuka kegiatan tersebut mengatakan, ada dua bagian besar dalam tahapan itu yakni persiapan dan penyelenggaraan.

 

“Berkaitan dengan tahapan persiapan ini ada 2 kegiatan yang akan kami laksanakan dalam waktu dekat ini yakni perekrutan PPK dan PPS.

 

“Dalam hal ini kami masih menunggu instruksi dari KPU RI, apakah merekrut baru atau kita evaluasi dari yang sudah ada”, terang dia.

“Selanjutnya kami akan melakukan pemutakhiran data pemilu. Setelah itu pendaftaran calon bupati wakil bupati. Dilanjutkan dengan kampanye. Dan pada tangal 27 November dilaksanakan proses pencoblosan”, ujar Nichson.

 

“Dan pada kesempatan ini saya mengajak kita semua sebagaimana kita telah melewati pemilihan umum kemarin, untuk kita melaksanakan tugas dan tanggungjawab kita masing-masing dalam menyukseskan pemilu bupati wakil bupati”, pungkasnya.

Pimpinan KPUD NTT Baharudin Hamzah mengatakan, saat ini peluncuran dan selanjutnya proses Pilkada akan memasuki tahapan-tahapan penting pada April dan bulan Mei.

 

Menurut dia, pascah liburan Idul fitri KPU Kabupaten Kupang dan seluruh jajaran KPUD si NTT, akan melaksanakan perekrutan badan ad hock.

 

“PPK PPS, dan juga penyerahan dukungan untuk calon perseorangan”, ujar Mantan Wartawan harian Kursor ini.

 

“Setelah itu diikuti dengan pendaftaran calon bupati wakil bupati di bulan Agustus. Penetapan calon, kampanye dan pemilihan pada November”, urainya.

 

Ia mengapresiasi pemerintah kabupaten Kupang yang telah mencairkan dana hibah kepada KPUD Kabupaten Kupang.

 

“Tanpa dana pemilu kada tidak bisa berproses”, pungkasnya.

 

Bupati Kupang Korinus Masneno menyatakan yakin seluruh proses pilkada akan berjalan dengan sebaik-baiknya manakala semua dapat memahami, mengerti dan dapat melaksanakan tahapan pemilu kada ini sesuai tugas dan fungsi masing-masing.

 

“Biasanya yang menjadi persoalan dalam proses adalah ketika semua tahapan ini kita tidak ikuti secara benar”, ujarnya.

“Kita harus siap mental kita dengan penuh ketulusan untuk taat pada tata tertib dan peraturan perundang-undangan, sehingga kita dapat melewati semua tantangan dengan sebaik-baiknya, dan kita boleh tiba di puncak pemilu kada 27 November 2024”, pungkasnya. (Sintus).

  • Bagikan