Scroll Ke bawah untuk melanjutkan

Buka Persami Saka Wira Kartika Tahun 2024, Danrem 161/WS Sampaikan Pesan Pangdam

Danrem 161/WS Brigjen Febriel sedang menanam anakan.

KUPANG, FLOBAMORA-SPOT – Komandan Korem 161/Wira Sakti Brigjen TNI Febriel Buyung Sikumbang, S.H., M.M., membuka acara Perkemahan Sabtu Minggu (Persami) Saka Wira Kartika Tahun 2024 di Kp. Konabau, Kelurahan Fatukoa Kecamatan Maulafa Kota Kupang, Sabtu (3/2/2024).

 

Kepala Staf Angkatan Darat Jenderal TNI Maruli Simanjuntak, M.Sc., dalam amanat amanat tertulis yang dibacakan Komandan Korem 161/Wira Sakti mengucapkan terima kasih kepada seluruh pihak panitia atas terselenggaranya kegiatan ini.

 

“Terima kasih kepada seluruh panitia yang telah merencanakan dan menyiapkan kegiatan hari ini sehingga kegiatan dapat terlaksana dengan baik. Semoga kegiatan ini tidak hanya menjadi sarana untuk meningkatkan pengetahuan tentang Kepramukaan, tetapi juga memberikan pemahaman tentang kesadaran terhadap lingkungan yang merupakan tanggung jawab moral seluruh lapisan masyarakat tanpa terkecuali, termasuk Pramuka”, kata Kasad.

 

Lebih lanjut dia mengatakan, TNI AD melaksanakan pembinaan kepramukaan Saka Wira Kartika sebagai bentuk tanggung jawab moral dan panggilan jiwa untuk membina serta membentuk generasi muda bangsa.

 

Menurut Pangdam, generasi muda harus memiliki karakter dan wawasan kebangsaan yang kuat sehingga menjadi generasi yang mampu dan mengisi kemerdekaan yang berlandaskan Pancasila dan UUD 1945.

 

Pangdam IX /UDY tak lupa menekankan pentingnya kegiatan Perkemahan Sabtu dan Minggu Saka Wira Kartika kepada generasi muda.

 

“Adapun tujuan kegiatan ini untuk memberikan pengalaman dan menanamkan tentang nilai-nilai kejujuran, tanggung jawab, disiplin, serta kepedulian tentang melestarikan lingkungan dan alam sekitar”, jelas Kasad.

 

Oleh karena itu, kata Kasad, melalui kegiatan ini diharapkan dapat mengembalikan fungsi hutan ke dalam perannya sebagai paru-paru dunia guna membangun kembali habitat alam dan ekosistemnya serta mencegah pemanasan global.

 

Hal ini kata dia, selaras dengan tema kegiatan Perkemahan Sabtu Minggu Saka Wira Kartika Tahun 2024 yaitu “Bersatu dengan Alam Rehabilitasi Kawasan Hutan dan Lahan Basah”.

 

Ini sejalan dengan poin Dasa Darma Pramuka yang kedua berupa “Cinta Alam dan Kasih Sayang Sesama Manusia”.

 

Pada akhir amanatnya, Kasad berpesan kepada adik-adik Pramuka Saka Wira Kartika agar menjadi generasi muda bangsa yang disiplin, mandiri, memiliki semangat bela negara, serta rasa kepedulian dan bertanggung jawab terhadap kelestarian lingkungan alam sekitar.

Usai upacara, dilanjutkan dengan kegiatan karya bakti berupa penanaman 1.000 pohon dan mengikuti Vicon bersama Kasad pada kegiatan pembukaan persami di tingkat pusat.

Kegiatan Persami Saka Wira Kartika ini akan dilaksanakan selama dua hari kedepan, dan diikuti oleh 60 orang anggota Saka Wira Kartika Nusa Tenggara Timur (NTT) binaan Korem 161/Wira Sakti.

 

Adapun kegiatan karya bakti yang akan dilaksanakan berupa penanaman pohon, pembersihan tempat ibadah dan lingkungan, pelayanan kesehatan gratis. Kemudian dilanjutkan berbagai Krida Saka Wira Kartika.

 

Turut hadir pada kegiatan pembukaan ini Pejabat yaang mewakili Pj Gubernur NTT, yang mewakili Danlantamal VII Kupang, Yang Mewakili Danlanud El Tari Kupang. Juga Pejabat Yang mewakili Kapolda NTT. Ketua Kwarda Pramuka Prov NTT Kasrem 161/Wira Sakti. Para Kasi Kasrem 161/Wira Sakti, Dandim 1604/Kupang. Para Danka Balak Aju Kodam IX/Udayana, Perwakilan dari TNI AD, AL, AU, Polri. Hadir pula tokoh masyarakat, tokoh adat, tokoh pemuda dan sejumlah undangan lainnya. (Penrem).

  • Bagikan