Scroll Ke bawah untuk melanjutkan

Wujudkan Kondisi Lingkungan Hijau, Bersih, Sehat dan Bebas banjir, Kodim 1604 Kupang Gelar Bakti Sosial

KUPANG, FLOBAMORA-SPOT – Kodim 1604/Kupang dan Korem 161/Wira Sakti melaksanakan kegiatan Karya Bakti di Jalan Timor Raya sekitar Pasar Oesapa, Kelurahan Kelapa Lima, Kecamatan Oesapa, Kota Kupang Jumat (8/12/23).

 

Karya bakti yang diikuti sekitar 1.200 orang dari Unsur TNI, Polri, Pemerintah Daerah dan unsur masyarakat ini dipimpin oleh Dandim 1604/Kupang Kolonel Inf Wiwid Jalu Wibowo.

 

Danrem 161/Wira Sakti Brigjen TNI Febriel Buyung Sikumbang, S.H.,M.M dalam amanatnya yang dibacakan Dandim 1604/Kupang Kolonel Inf Wiwid Jalu Wibowo menyampaikan tujuan kegiatan Karya Bakti ini untuk mewujudkan kondisi lingkungan yang hijau.
“Juga bersih dan sehat serta antisipasi terjadinya bencana banjir dan munculnya wabah penyakit”, ujar Danrem.

 

Adapun Sasaran kegiatan Karya Bakti meliputi pembersihan sampah, saluran air yang menyebabkan banjir dan bersarangnya nyamuk khususnya daerah pertokoan, pasar, perkantoran, pemukiman padat penduduk dan daerah lainnya.

 

Karya Bakti Pencegahan Banjir dan Penanaman Anakan Pohon tahun 2023 yang dilaksanakan secara serentak di seluruh satuan jajaran TNI Angkatan Darat ini, merupakan tindak lanjut dari instruksi Kepala Staf Angkatan Darat, sebagai wujud nyata kepedulian TNI AD, Korem 161/Wira Sakti, mendukung Pemerintah Daerah dalam rangka pembersihan lingkungan dan reboisasi atau penanaman pohon kembali, sebagai upaya mengantisipasi dan mencegah terjadinya musibah banjir di wilayah dalam musim penghujan saat ini.

“Kegiatan ini juga merupakan aktualisasi dari salah satu Tugas Pokok TNI dalam pelaksanaan Tugas Operasi Militer Selain Perang, yang dapat terlaksana berkat adanya dukungan sinergitas yang tinggi antara Korem 161/Wira Sakti dengan seluruh komponen pemerintah dan masyarakat di wilayah, sebagai wujud Kemanunggalan TNI dengan Rakyat, yang harus senantiasa dibangun dan ditingkatkan”, jelasnya.

Pada akhir amanatnya Danrem 161/Wira Sakti mengajak seluruh komponen masyarakat Nusa Tenggara Timur khususnya Kota Kupang, untuk satukan komitmen dan senantiasa menjaga kebersihan serta keasrian lingkungan di sekitar.

“Jadikan Kupang sebagai Kota Kasih yang Green and Clean”, tutupnya.

Sementara itu, Masrukhan, warga RT 11, di sela-sela kegiatan karya bakti menyampaikan apresiasi dan terima kasih atas dilaksanakannya kegiatan ini.

 

“Bapak merasa senang sekali adanya kegiatan ini kami kalau saat musim hujan pasti airnya meluap di jalan maupun di dalam rumah. Dengan adanya pembersihan saluran air seperti ini saya sangat-sangat bersyukur kepada TNI jajaran Korem 161 Kupang,” jelasnya.

 

Masrukhan berharap kedepan mudah-mudahan dengan berjalannya waktu, kegiatan seperti ini bisa diulang lagi.

 

“Adanya banjir di Oesapa ini karena saluran nya agak mampet. Dengan adanya TNI AD berpartisipasi dalam kegiatan lingkungan ini, khususnya mengenai sampah ini bisa berkelanjutan karena tingkat kesadaran masyarakat yang membuang sampah ini bukan pada tempatnya, sehingga sampah-sampah tersebut akan masuk ke parit”, Kata Masrukhan.

 

Hadir dalam kegiatan ini Unsur Forkopimda Provinsi NTT, Pj. Walikota Kupang dan Dinas terkait tingkat Prov NTT.

 

Turut hadir pada kegiatan ini Kepala Staf Korem 161/Wira Saki. Kasiter Kasrem 161/WS, Dandim 1604/Kupang, Kasdim 1604/Kupang. Danyon Armed, Danyon Arhanud, Brimob Polda NTT. Polresta Kupang, Dan Kabalak Aju Kodam IX/Udayana. Unsur pemerintah tingkat kecamatan dan kelurahan, serta seluruh masyarakat RT 10, 11, 17, 18,19,21 dan RT 22 ikut bersama sama membersihkan sampah-sampah baik di selokan maupun di pasar. (Penrem).

  • Bagikan