Scroll Ke bawah untuk melanjutkan

Pemkab Kupang – Kejari Teken MOU, Apa Isinya ?

Bupati Kupang Korinus Masneno dan jajaràn bersama Kajari Kupang Muhammad Ilham dan jajaran saat penandatanganan MOU Kamis (21/9/23).

OELAMASI, FLOBAMORA-SPOT – Bupati Kupang Korinus Masneno Atas nama Pemerintah Kabupaten Kupang menyampaikan terimakasih kepada Kejaksaan Negeri Kabupaten Kupang atas bantuan dan sinergitas yang terjalin untuk saling menguatkan dalam rangka tegaknya supremasi hukum yang berkeadilan baik di bidang perdata maupun tata usaha negara.

 

Hal tersebut disamapaikannya pada acara penandatanganan nota kesepakatan antara Pemkab Kupang dan Kejaksaan Negeri Kabupaten Kupang.

 

Kegiatan bertempat di ruang rapat Bupati Kupang
Kamis, (21/9/23).

 

Bupati Masneno melanjutkan, dengan nota kesepakatan ini, diharapkan penyelesaian masalah hukum di bidang perdata dan tata usaha negara akan lebih cepat dan tepat sasaran. Pemkab Kupang dan Kejaksaan Negeri Kabupaten Kupang akan selalu melakukan koordinasi sehingga dapat memberikan jaminan keberhasilan dalam upaya penegakkan hukum di kabupaten Kupang.

 

“Mari bersama kita wujudkan kerja sama ini melalui kerja yang profesional, transparan dan akuntabel demi kemajuan dan kebutuhan seluruh wilayah NKRI. Jadikan kabupaten Kupang sebagai wilayah yang semakin dikenal karena merupakan wilayah yang bebas dari KKN”, ungkap Bupati Masneno.

 

Bupati Masneno berharap para OPD segera menindaklanjuti nota kesepakatan dan rencana kerja dengan Kejaksaan Negeri terkait permasalahan hukum bidang perdata dan tata usaha negara sesuai dengan tugas pokok dan fungsi masing-masing.

 

“Kami pihak pemerintah setuju dengan Kajari bahwa selepas penandatanganan nota kesepakatan ini, perlu ada langkah nyata dalam merumuskan time schedule. Saya memahami bahwa PKS ini cukup baik dan perlu kami sampaikan apa yang menjadi penegasan Kajari, itu juga merupakan keputusan bersama Mendagri Kapolri dan Kejaksaan”, tutupnya.

 

Kepala Kejaksaan Negeri kabupaten Kupang, Muhamad Ilham menjelaskan, Penandatanganan Nota Kesepakatan Bersama (MoU) yang diselenggarakan hari ini merupakan sebuah bentuk kerjasama antara kedua instansi yakni Kejaksaan dan Pemkab Kupang sehubungan dengan penanganan masalah hukum di bidang Datun yang bermanfaat juga untuk saling mendukung dan memperkuat institusi Kejaksaan, selaku instansi yang memiliki kewenangan bertindak sebagai Jaksa Pengacara Negara (JPN) serta menjadi cerminan adanya koordinasi, kerjasama sinergis guna tercipta sebuah kekuatan. Ini bertujuan menyelamatkan, memulihkan kekayaan/keuangan negara dan dalam rangka penyelesaian masalah hukum perdata dan tata usaha negara, yang juga merupakan tanggungjawab bersama.

 

Dirinya juga menerangkan fungsi JPN, salah satunya menertibkan sesuatu di tengah-tengah masyarakat. Termasuk perkawinan LGBT dan perkawinan dibawah umur, yang mana hal tersebut bisa dilakukan pembatalan perkawinan oleh JPN.

 

Tidak hanya itu, JPN juga bisa menggugat mewakili pemerintah serta memberikan advis berkaitan masalah hukum terkait pendampingan. Tindakan hukum lainnya seperti ada persoalan antar lembaga atau dinas, JPN akan menjadi mediator agar persoalan di lembaga pemerintahan bisa terselesaikan.

 

“Optimalisasi bantuan hukum, pertimbangan hukum, baik memberikan pendapat hukum, maupun pendampingan dan tindakan hukum lainnya yang diberikan kepada Pemkab Kupang diharapkan dapat ditindaklanjuti dengan diterbitkannya surat kuasa khusus (SKK) kepada kami selaku JPN, baik dalam melakukan kegiatan bantuan hukum litigasi maupun non-litigasi, kegiatan bersama serta saling memberikan informasi dan melakukan koordinasi untuk menentukan langkah yang diperlukan sebagai upaya penyelesaian masalah dapat dilakukan secara maksimal untuk memenuhi keperluan pelaksanaan tugas yang dihadapi oleh pemkab Kupang selama ini”, ungkap Ilham.

 

Pada akhir sambutannya, Kajari menyampaikan apresiasi setinggi-tingginya kepada Pemkab Kupang atas terealisasinya penandatanganan nota kesepakatan bersama (MoU) ini.

 

“Saya harap, dengan apa yang kita lakukan bersama akan segera mempererat hubungan koordinasi dan kerjasama antara kejaksaan dan Pemkab Kupang khususnya pemberian bantuan hukum dan dalam penyelesaian masalah hukum bidang perdata dan tata usaha negara sehingga dapat terwujud semangat dan kesadaran bersama, saling memahami, saling mendukung, dan saling memperkuat satu sama lain guna mendorong keberhasilan tugas dan fungsi bersama demi meningkatkan apa yang kita dedikasikan bersama bangsa dan negara”, ujarnya

Turut hadir pada kegiatan tersebut Plt. Sekda Rima K.S. Salean, Asisten II Sekda Mesak Elfeto, Staf Ahli Bupati Kupang Pandapotan Siallagan. Para pimpinan OPD lingkup Pemkab Kupang serta para Kasi dan Kasubsi Kajari Kabupaten Kupang. (NH).

  • Bagikan