SMAK Sta. Filomena Mena, Raih Juara Umum Festival Literasi SMAK Regio Timor.

  • Bagikan
Juara Umum Festival Literasi SMAK Regio Timor SMAK St. Filomena Mena (TTU) berfoto bersama seluruh Peserta dan para juri serta berbagai pihak Sabtu (27/5).

KEFAMENANU, FLOBAMORA-SPOT – FlobamoraSpot-Sekolah Menengah Agama Katolik (SMAK) santa Filomena-Mena kembali meraih juara umum dan mempertahankan piala bergilir dalam lomba festival literasi siswa-siswi SMAK tingkat regio Timor tahun 2023.

 

Kegiatan berlangsung selama 3 hari di Aula sekolah tinggi pastoral (STIPAS) santo Petrus Keuskupan Atambua, sabtu (27/5/2023).

 

Ketua panitia penyelenggara, Yosep Kainio, S.Ag menjelaskan, kegiatan festival literasi II siswa SMAK tingkat regio Timor mengusung tema: “Menjadi peserta didik SMAK yang cakap literasi, untuk Nusa Tenggara Timur (NTT) bangkit menuju sejahtera”.

 

Tujuan kegiatan ini yakni untuk meningkatan dan menumbuhkan iman, mental dan karakter serta mengasah kecakapan anak dalam literasi digital.

“Sebagai jawaban di atas maka diselenggarakan beberapa aneka lomba. Seperti berpidato dalam bahasa Indonesia dan Inggris, karya ilmiah. Ada juga film pendek, paduan suara dan tarian kreasi bagi lima (5) SMAK dalam keuskupan Atambua. Sekolah – sekolah itu tersebar di tiga kabupaten yakni Kefamenanu, Belu dan Malaka”, tandas Yos Kainio.

 

Ia menambahkan, berdasarkan hasil penilaian dawan juri pada setiap mata acara yang diperlombakan, SMAK Sta. Filomena akhirnya kembali meraih juara umum. Sekaligus mempertahan piala bergilir festival literasi siswa SMAK regio Timor.

 

Lembaga pendidikan SMAK Sta. Filomena Mena, kementrian agama (kemenag) kabupaten Timor Tengah Utara (TTU) Yayasan pendidikan Snuna sungguh menyambut prestasi luar biasa ini dengan bangga dan senang hati.

 

Ketua Yayasan Snuna RD. Zebedeus Nahas menandaskan pihaknya bisa meraih juara satu pada mata lomba karya ilmiah, film pendek, paduan suara dan tarian kreasi sehingga divonis sebagai juara umum dalam festival literasi II ini juga tak terlepas dari dukungan dan kerjasama yang baik lembaga dengan pihak kantor kementrian agama (kemenag) kabupaten Timor Tengah Utara (TTU), Yayasan pendidikan Katolik Snuna Keuskupan Atambua, orang tua.

 

“Kerja keras kami yang boleh dikatakan ekstra dan semi militer akhirnya menuai hasil yang luar biasa. Terimakasih untuk semua pihak yang telah berkontribusi dan mensuport dengan cara masih-masing. Semoga kerjasama ini tetap terjaga pada moment-moment selanjutnya”, sambung Rm. Dius.

Rafael Naitkakin salah satu Peserta festival dari SMAK Filomena mengungkapkan dirinya merasa senang dan bahagia atas apa yang diraih.

 

“Saya bangga karena apa yang kami persiapkan dan perjuangkan selama ini tidak sia-sia. ppĀ kelelahan kami selama ini akhirnya terbayar tuntas. Terimakasih Tuhan. Semoga prestasi yang diraih ini terus dipertahankan”, Ujar ketua osis SMAK Sta. Filomena-Mena.

Peserta festival literasi ini meliputi; SMAK Santa Maria Fatima-Betun, Santa Filomena-Mena, Sonto Agustinus-Raimanuk, Santo Aloysius Gonzaga-Raihat dan yang terakhir adalah Trinitas Nenotun-Jak.
(Beny Akoit/Mena).

  • Bagikan