Scroll Ke bawah untuk melanjutkan

Panen Madu di Kabupaten Kupang, Didahului Ritual Adat

OELAMASI, FLOBAMORA-SPOT – Unik ! Panen madu ala masyarakat desa Naitae, kecamatan Fatuleu Barat Kabupaten Kupang didahului ritual Adat.

 

Acara berlangsung Rabu (19/4) dihadiri Gubernur NTT Viktor Bungtilu Laiskodat (VBL) bertempat di Kawasan Hutan Teno Desa Naitae Kabupaten Kupang.

 

Kegiatan tersebut merupakan bagian dari ungkapan rasa syukur masyarakat atas hasil alam berupa madu dan hasil hutan lainnya.

 

Gubernur VBL dalam kesempatan tersebut mengungkapkan untuk terus menjaga hasil alam kekayaan hutan maka masyarakat juga harus menjaga alam dan jangan merusak kawasan hutan.

 

“Kekayaan alam pulau timor ini sangat melimpah dan kita bersyukur kawasan hutan teno ini juga menghasilkan madu untuk masyarakat. Saya ingatkan untuk jangan sekalipun merusak alam, kita jaga dengan baik kawasan hutan ini karena banyak potensi yang dapat dimanfaatkan untuk kesejahteraan masyarakat desa,” jelas Gubernur.

 

“Hasil panen madu ini juga membuktikan bahwa di fatuleu ini juga dapat menghasilkan madu selain dari daerah amfoang yang sudah dikenal. Jadi nanti bisa juga dipasarkan dan dipromosikan ke masyarakat luas mengenai madu dari Fatuleu ini,” jelas Gubernur.

 

Gubernur VBL juga mengungkapkan, upacara ritual penen madu tersebut juga dapat dikembangkan menjadi festival agar menambah nuansa pariwisata.

 

“Ini hal yang unik dan punya nilai budaya bagaimana orang timor melakukan rangkaian ritual untuk mengambil hasil alam seperti madu. Nanti kita harapkan dari Dinas Kehutanan dan lingkungan hidup untuk dapat berkolaborasi bersama Dinas Pariwisata agar ke depannya dapat mendesainnya menjadi festival,” ungkap Gubernur.

 

“Jadi selain kita menjaga alam kita sebagai ungkapan syukur atas berkat dari Tuhan maka kita juga mempromosikan budaya kita kepada banyak orang untuk bisa datang ke sini dari kegiatan festival,” kata Gubernur.

 

Pada kesempatan tersebut, Gubernur juga melakukan penyerahan bantuan pakan ternak kepada masyarakat desa.

 

Turut hadir dalam kesempatan tersebut diantaranya Wakil Bupati Kupang Jerry Manafe. Staf Ahli Gubernur dr. Mese Ataupah. Kepala Dinas Kehutanan dan Lingkungan Hidup Provinsi NTT Ondy Siagian. Kepala Biro Administrasi Pimpinan Setda Provinsi NTT Prisila Parera. Camat Fatuleu Barat Kandi Neno, Kepala Desa Naitae Kores Laome dan masyarakat.

  • Bagikan