Scroll Ke bawah untuk melanjutkan

Bintek Linmas, Upaya Tingkatkan Perlindungan Masyarakat Dari Berbagai Gangguan

Kontributor : Merc Editor: Redaksi
Plt Sekda kabupaten Kupang Novita Funay bersama para Nara sumber pada pembukaan Bimtek Linmas Selasa (15/11/22).

OELAMASI, FLOBAMORA-SPOT.COM – Pemerintah Kabupaten Kupang melalui Kantor Sat Pol PP dan Kebakaran, menyelenggarakan Bimbingan Teknis Peningkatan Kapasitas Linmas bagi Aparatur Kecamatan, Desa dan Kelurahan Lingkup Pemkab Kupang. Kegiatan berlangsung Selasa di aula kantor Sat Pol PP dan Kebakaran Kabupaten Kupang Selasa (15/11/22).

 

Plt. Sekda Kabupaten Kupang, Novita Foenay dalam sambutannya saat membuka kegiatan tersebut mengatakan, Bimtek merupakan salah satu kegiatan yang relevan dengan kebijakan pemerintah dalam upaya meningkatkan perlindungan masyarakat dari berbagai gangguan, membantu memelihara ketenteraman dan ketertiban masyarakat dan tentunya untuk mensupport upaya pertahanan negara.

 

Menurut dia, sebagai salah satu daerah yang berbatasan langsung baik darat, laut dan udara dengan negara RDTL maupun Australia, kabupaten Kupang secara geopolitik sangat rawan terhadap berbagai ancaman keamanan dan ketertiban masyarakat serta potensi ancaman pertahanan negara.

 

Atas dasar pemikiran tersebut pemerintah menganggap penting dibentuknya satgas Linmas di kabupaten Kupang.

 

“Pemerintah Kabupaten Kupang selalu fokus untuk meningkatkan peran Linmas dalam mewujudkan tugas dan fungsinya sebagaimana diamanatkan dlm peraturan Mendagri Nomor 26 Tahun 2020 tentang penyelenggaraan ketertiban umum, ketentraman masyarakat, serta perlindungan masyarakat, “terangnya.

 

Novita menambahkan, pentingnya penegakan disiplin ASN. “Dan ujung tombak dari penegakan disiplin adalah Sat Pol PP dan Linmas”, tegasnya.

 

Ia berharap, diplin ASN tidak hanya berlaku di civic center saja, tapi juga berlaku di Kecamatan.

 

“Saya minta dalam pelaksanaan tugas, Sat Pol PP Kabupaten Kupang harus loyal dan bertanggung jawab terhadap tugas yang diberikan. Sat Pol PP yang diberi tugas melakukan penjagaan di beberapa titik atau lokasi, laksanakanlah tugas secara baik. Seperti di pos penjagaan Kantor Bupati, lalu di tiga titik tempat tunggu kendaraan para pegawai Kabupaten Kupang yang hendak ke kantor. Jangan sampai Pol PP tidak ada di lokasi tersebut,”tandasnya.

 

Bimtek ini diikuti sebanyak 30 peserta baik dari Linmas kecamatan, desa maupun kelurahan.

 

Hadir sebagai instruktur pihak Polres Kupang, BMKG, dan Basarnas Cabang Kupang.

 

Kegiatan ini dihadiri Perwira Penghubung Kodim 1604 Kupang, P. Napitupulu dan undangan lainnya.

  • Bagikan