Scroll Ke bawah untuk melanjutkan

Berbagai Terobosan, Demi Atasi Masalah Air di Asia

Kontributor : Biro AP NTT/ELLENA Editor: Sintus
Wapres RI Ma'ruf Amin kembali ke Jakarta dihantar Gubernur Viktor Laiskodat dan Forkompimda Selasa (15/3/22).

MABAR, FLOBAMORA-SPOT.COM – Wakil Presiden RI Ma’ruf Amin hadir dan membuka kegiatan Asia International Water Week (AIWW) Ke-2 Senin malam, (14/3/22).

 

Ma’ruf menyebut pentingnya berbagai terobosan untuk mengatasi masalah air di kawasan Asia.

“Saya berharap dari kegiatan Asia International Water Week dapat dihasilkan terobosan untuk mengatasi permasalahan air di kawasan kita. Air adalah sumber kehidupan bagi banyak orang. Harus dijaga dan diselesaikan dengan baik untuk kepentingan banyak orang,” ujarnya.

 

Ia menambahkan, air merupakan isu yang penting yang membutuhkan perhatian bersama seiring menipisnya sumber air karena pertumbuhan populasi dan urbanisasi, permintaan standar hidup yang terus meningkat, persaingan penggunaan air, konversi lahan dan pencemaran lingkungan, termasuk dalam menghadapi tantangan masalah air yang ditimbulkan oleh Pandemi Covid-19. Kompleknya pengelolaan sumber daya air memerlukan berbagai pendekatan dan kebijakan yang melibatkan multisektor, instansi, dan pengambilan keputusan kolektif.

 

Untuk diketahui, melalui even Asia International Water Week (AIWW) untuk menguatkan kerjasama bidang Sumber Daya Air (SDA), khususnya dalam mendukung program pencegahan stunting atau gangguan pertumbuhan pada anak balita melalui penyediaan sarana prasarana air bersih dan sanitasi yang baik.

 

AIWW merupakan forum yang diselenggarakan secara rutin setiap tiga tahun sekali untuk melaporkan progres dan merumuskan implementasi kebijakan dalam mencari solusi atas berbagai masalah keairan di Asia. Juga dapat menjadi forum diskusi bagi pemerintah, komunitas/masyarakat, akademisi, dan untuk meningkatkan kesadaran akan masalah air di Asia, khususnya Indonesia.

 

Wakil Presiden RI Prof. Dr. K. H. Ma’ruf Amin kembali bertolak ke Jakarta pada Selasa (15/3). Gubernur NTT Viktor Bungtilu Laiskodat ikut menghantarkan Wapres pulang bersama rombongan di Bandara Komodo Labuan Bajo.

 

Gubernur VBL baru saja kembali dari Kota Balikpapan, Kalimantan Timur, wilayah yang akan dibangun IKN Nusantara. VBL bersama Gubernur lainnya melakukan penyerahan serta penyatuan tanah dan air dari seluruh Provinsi bersama Presiden RI sebagai simbol kesatuan kekuatan dukungan penuh dan juga persetujuan dari seluruh Kepala Daerah serta seluruh masyarakat Indonesia terhadap pembangunan IKN.

  • Bagikan