Wakil Bupati Kupang Minta Pemuka Agama Tingkatkan Toleransi

  • Bagikan
Wakil Bupati Kupang Jerry Manafe saat membuka kegiatan sosialisas dan dialog antara Pemerintah Daerah dengan tokoh agama Rabu (10/11)

OELAMASI, FLOBAMORA-SPOT.COM –  Pemerintah Kabupaten Kupang melalui Bagian Administrasi Kesejahteraan Rakyat menggelar sosialisasi dan dialog antara Pemerintah Daerah dengan tokoh agama, dalam rangka peningkatan toleransi dan kerukunan hidup beragama Tingkat Kabupaten Kupang Tahun 2021. Kegiatan berlangsung di Naka Hotel Kupang pada Rabu tanggal 10 Nopember 2021.

Wakil Bupati Kupang, Jerry Manafe saat membuka kegiatan tersebut mengatakan pada tahun 2019, Komisi Hak Asasi Manusia, menetapkan Kabupaten Kupang sebagai salah satu daerah terbaik dalam pembangunan toleransi antar umat beragama.

“Karena itu apa yang telah dicapai, terus dipertahankan dan ditingkatkan di masa-masa mendatang”, kata dia.

Jerry menjelaskan, Sebagai pemerintah maupun pemuka agama, perlu mensyukuri perbedaan agama yang ada. Ini merupakan potensi yang dimiliki bangsa dan Kabupaten Kupang.

 

“Selain itu perbedaan agama juga menjadi tantangan bersama, baik pemuka agama maupun pemerintah. Untuk sedapat mungkin memenuhi hak-hak para pemeluk agama, sekaligus menghadirkan kehidupan umat beragama yang rukun dalam kerangka NKRI”, terangnya.

Lebih lanjut Wabup menjelaskan, selain bertujuan sebagai sarana sosialisasi, juga dimaksudkan untuk mendorong peran aktif para pemuka agama, berkolaborasi bersama pemerintah dalam mewujudkan kerukunan umat beragama di Kabupaten Kupang.

Jerry Manafe yakin dan percaya pemuka agama yang hadir dalam dialog tersebut, memahami benar isu-isu strategis di bidang keagamaan. Maupun regulasi yang berkaitan dengan pembinàan kerukunan umat beragama. Jerry Manafe berharap, tokoh agama fokus pada perbaikan, peningkatan kehidupan Jemaat dari berbagai sector terutama yang berkaitan dengan program revolusi 5P.

Jerry minta demi menjaga keefektifan sebuah dialog Forum Komunikasi Umat Beragama (FKUB), perlu dilibatkan semua tokoh agama dari keyakinan yang berbeda-beda.

 

“Saya berharap ke depan libatkan Dinas-Dinas Teknis yang berkaitan dengan Program Revolusi “5P” sebagai pemateri, seperti pertanian, peternakan, perikanan juga pariwisata, juga Dinas Kependudukan serta Dinas Perijinan”, ujarnya.

Kepala Bagian Administrasi Kesra, Timotius Oktovianus dalam melaporkan, hadir dalam kegiatan tersebut 24 tokoh agama dari 24 kecamatan di Kabupaten Kupang. Turut hadir, Kabag Prokopim Kabupaten Kupang, Martha Para Ede.

  • Bagikan