Scroll Ke bawah untuk melanjutkan

Salut !! Poltekkes Kesling Kemenkes Kupang Kupang Ubah Masalah Jadi Solusi

I Gde Putu Arnawa, SST bersama Goris Takene Senin (7/6/21

KUPANG, FLOBAMORA-SPOT.COM – Limbah cair rumah tangga bisa menimbulkan polusi udara di lingkungan. Poltekkes Kesling Kemenkes Kupang, Prodi Sanitasi ingin mengubah masalah ini menjadi solusi.

 

Limbah cair dari dapur maupun kamar mandi akan diolah menjadi pupuk cair bahkan bisa menjadi air jernih untuk menyiram tanaman.

 

Hal itu terungkap dalam diskusi terbatas yang di gelar sejumlah ahli lingkungan di Kampus Poltekkes Kesling Kemenkes Kupang, Prodi Sanitasi Kupang, Senin, (7/06/2021) bersama Goris Takene, SE Direktur Taman Bacaan Masyarakat (TBM) Gading Taruna Kupang.

 

I Gede Putu Arnawa, SST., MSi mengatakan, dalam waktu dekat pihaknya akan melakukan ujicoba pemasangan cincin sumur resapan air limbah di sejumlah rumah warga di RT 07/RW 03 Kelurahan Bello Kecamatan Maulafa Kota Kupang.

 

“Cincin sumur sebagai wadah pengolahan limbah rumah tangga termasuk juga bisa digunakan untuk mengolah limbah kotoran ternak yang bisa dimanfaatkan sebagai pupuk cair”, tandas Putu.

 

Dua ahli lainnya Oktofianus Sila, SKM., MSc dan Ferry Waangsir, ST., M. Kes yang juga staf pengajar pada Poltekkes Kesling Kemenkes Kupang, Prodi Sanitasi  Kupang mengharapkan agar dengan program kerjasama itu nantinya ke depan dapat membantu masyarakat dalam mengatasi limbah cair dari rumah tangga maupun dari kandang ternak.

 

Sesuai rencana kegiatan akan di gelar 19 Juni 2021 ini. (goe)

  • Bagikan