Salut !! Babinsa 1604-02/ Camplong Sigap Evakuasi Korban Siklon Seroja

  • Bagikan
Korban banjir di Kabupaten Kupang

OELAMASI, FLOBAMORA-SPOT.COM – Tingkat kepedulian Babinsa 1604-02/ Camplong Sertu Paulus Djogo dan Serda Anton K. patut diapresiasi. Kedua Tentara itu benar-benar menjiwai 8 Wajib TNI butir no. 8 yang berbunyi, “Menjadi contoh dan memelopori usaha-usaha untuk mengatasi kesulitan rakyat sekelilingnya”.

 

Tanpa mengenal waktu, Babinsa menerima laporan dari masyarakat a.n. Ibu Tefbana bahwa, pada hari Minggu tanggal 04 April 2021 Pukul 20.00 Wita. Anaknya hanyut terbawa arus air di sekitar Karona Cucur (Pondok Cucur) Oesao, setelah menerima laporan tersebut, tanpa menunda waktu anggota Babinsa langsung bergegas menuju ke TKP untuk mencari informasi kejadian.

 

Adapun biodata korban, Nama Salma Tefbana, Umur 23 Th, Agama Kristen Protestan, Pekerjaan Swasta, Alamat Desa Fatukanutu Kecamatan Amabi Oefeto Kabupaten Kupang.

 

“Kami mendapat informasi dari masyarakat yang pulang gembala sapi bahwa ada jenazah perempuan di sekitar muara Air Boak Kelurahan Naibonat KecAmatan Kupang Timur. Setelah mendapat informasi tersebut, karena mobil tidak bisa masuk ke lokasi, saya Babinsa Sertu Paulus Djogo dan Babinsa Serda Anton menggunakan sepeda motor trail langsung menuju ke lokasi dan menemukan korban di lokasi muara Air Boak,” ujar Babinsa Sertu Paulus.

 

“Memberikan pertolongan kepada masyarakat merupakan wujud nyata kepedulian aparat teritorial. Dengan adanya sinergitas dengan masyarakat sehingga bisa mendapatkan atau memberikan informasi terhadap situasi yang yang terjadi di wilayah binaan,” ujarnya.

 

Peduli lingkungan sekitar, responsif terhadap setiap permasalahan dan kesulitan masyarakat di wilayah binaannya, menjadi salah satu hal yang harus dilakukan oleh Babinsa dalam melaksanakan tugas kesehariannya.

 

Sertu Paulus menambahkan menolong sesama terutama pada saat situasi bencana seperti ini sudah menjadi tugas dan tanggung jawab kita sebagai makhluk sosial.

 

“Sudah menjadi kewajiban kami sebagai anggota TNI untuk selalu membantu warga masyarakat yang sedang mengalami musibah, dengan harapan kedepannya hubungan TNI dan rakyat semakin kuat dan menjadi kokoh,” ucap Babinsa.

 

Terpisah, Dandim 1604/Kupang Kolonel Arh Abraham Kalelo, S.Sos yang diwakili oleh Pgs. Danramil 1604-02/Camplong Kapten Inf Nerson Filmon Baitanu memberikan apresiasi kepada Babinsanya yang telah melakukan sikap dan tindakan humanis kepada masyarakat. Sesuai dengan 8 Wajib TNI butir no. 8 “Menjadi contoh dan memelopori usaha-usaha untuk mengatasi kesulitan rakyat sekelilingnya.”

 

“Respon cepat atas permasalahan dan kesulitan masyarakat harus dilakukan setiap Babinsa di wilayahnya. Babinsa harus menjadi bagian dari setiap penyelesaian permasalahan dan kesulitan masyarakat di wilayah binaannya,” ungkap Danramil.

 

Sementara itu, Keluarga dari Salma Tefbana mengucapkan terima kasih atas kepedulian pak Babinsa dalam menolong warganya.

 

“Sungguh ini merupakan perbuatan mulia yang telah dilakukan oleh Pak Babinsa. Sebuah sikap dan tindakan yang harus kita contoh dalam melayani dan membantu kesulitan masyarakat, untuk itu kami atas nama keluarga Salma Tefbana mengucapkan terima kasih banyak,”pungkasnya.

(Pendim1604/Kupang)

  • Bagikan