Wagub : “Saya Bersama  Bapak Gubernur Minta Kinerja dan Totalitas Kerja Anda”

0 52

KUPANG, FLOBAMORA-SPOT.COM  – Wakil Gubernur NTT, Josef Nae Soi (JNS) melakukan Pengukuhan dan Pelantikan Pejabat Pimpinan Tinggi Pratama, Administrator dan Pengawas Lingkup Pemerintah Provinsi NTT Tahun Anggaran 2021 di Aula Fernandes, Kantor Gubernur, Jumat (19/3). Pelantikan tersebut  dihadiri beberapa perwakilan pejabat yang dilantik, sementara yang lainnya mengikuti secara virtual dari kantor masing-masing.

 

“Kepada pejabat yang baru dilantik, saya dan bapak Gubernur meminta kinerja dan totalitas kerja Anda sebagai Aparatur Sipil Negara (ASN). Anda telah dapat kepercayaan dari Pemerintah Provinsi NTT untuk jadi penggerak kebangkitan NTT pada sektor-sektor yang dipercaya untuk Anda kelola. Kerja Anda akan lebih keras daripada orang lain,” kata Wagub Nae Soi.

 

Menurut Wagub JNS, pelantikan bukan sekadar penempatan figur-figur pejabat pada jenjang jabatan tertentu. Melainkan lebih diutamakan pembenahan dan pemantapan organisasi dalam rangka peningkatan kinerja pelayanan publik agar tetap berjalan untuk mencapai prioritas pembangunan.

 

“Aksi nyata Anda ditunggu oleh masyarakat NTT. Dan usaha yang Anda lakukan akan menentukan daerah ini bangkit atau tidak. Kita ini adalah pelayan. Pelayan itu artinya melayani orang, bukan dilayani. Layanilah dengan hati. Tidak hanya dengan otak tapi juga dengan hati dan otot. Ketiganya harus jalan dengan seimbang,” jelas pria asal Ngada tersebut.

Lebih lanjut mantan Anggota DPR RI itu meminta agar para pejabat yang dilantik memiliki analisis yang komprehensif dan integral. Harus berdasarkan data. Tidak boleh sekali-kali mengabaikan sistem pendataan.

 

“Seberapa canggih perangkat yang dipakai dalam bekerja, tapi  kalau data yang dimasukan dalam perangkat  tersebut adalah data sampah, maka keluarnya pun akan tetap sampah. Oleh karena itu disiplin dalam menciptakan data yang berkualitas merupakan syarat mutlak yang tidak bisa ditawar bagi seorang ASN yang bekerja di Pemerintah Provinsi NTT,” jelas politisi Golkar tersebut.

 

Wagub Nae Soi mengatakan, keberhasilan visi NTT Bangkit Menuju Sejahtera dengan 5 misi utamanya ditentukan oleh kehadiran  aparatur birokrasi yang handal dan berkualitas. Juga diperlukan  sinergitas  dengan semua pemangku kepentingan.

 

“Di dalam pelayanan publik, layani dengan hati sambil gembira. Jangan layani orang dengan cemberut. Hospitality management ada di ASN. Saya masih lihat banyak dari kita layani dengan cemberut. Orang sudah tunggu berjam-jam, tapi kita masih main handphone, masih ngobrol dengan teman-teman. Utamakanlah pelayanan kepada masyarakat. Jagalah martabat jabatan ini, jangan disalahgunakan untuk kebanggaan yang semu agar kinerja saudara dapat berkontribusi untuk daerah ini,” pungkas Wagub Nae Soi.

 

Pengukuhan dan pelantikan para pejabat ini didasarkan pada  Keputusan Gubernur NTT Nomor 816:.1/39/BKD/3.2 tentang Pengukuhan dalam Jabatan Pimpinan Tinggi Pratama, Administrator, dan Pengawas serta Pemberhentian dan Pengangkatan PNS di Lingkup Pemerintah Provinsi NTT tangal 17 Maret.

 

“Pengukuhan dalam jabatan Pimpinan Tinggi Pratama, Administrator dan Pengawas serta Pemberhentian dan Pengangkatan PNS dari dan dalam jabatan Administrator dan Pengawas di Lingkup Pemerintah Provinsi NTT Tahun 2021 telah mempertimbangkan kualifikasi, kompetensi dan rekam jejak PNS sebagaimana telah direkomendasikan oleh Tim Penilai Kinerja dengan Berita Acara Nomor BPJK/02/III/2021 tanggal 12 Maret tentang Pembahasan Rencana  Pengukuhan  dalam Jabatan Pimpinan Tinggi Pratama, Administrator dan Pengawas serta  Pemberhentian dan Pengangkatan PNS di Lingkup Pemerintah Provinsi NTT,” demikian salah satu  bunyi kutipan Keputusan Gubernur tersebut  yang dibacakan oleh Kepala BKD NTT, Henderina Sintince Laiskodat.

 

Pejabat Pimpinan Tinggi Pratama yang dikukuhkan adalah Cosmas D. Lana sebagai Kepala Badan Perencanaan Pembangunan, Penelitan dan Pengembangan Daerah NTT, Yohanis Octavianus, Kepala Badan Kesatuan Bangsa Politik, Petrus Seran Tahuk Kepala, Badan  Pengelola Perbatasan Daerah NTT, Messerassi BV Ataupah, Kepala Dinas Kesehatan, Kependudukan dan Catatan Sipil NTT, Ruth D. Laiskodat, Inspektur Daerah NTT, Doris A. Rihi, Kepala Biro (Karo)  Pemerintahan Setda NTT, Alexon Lumba, Karo Hukum  Setda NTT, Lerry Lupidara, Karo Perekonomian dan Administrasi Pembangunan  Setda NTT, George M. Hadjoh, Karo Umum Setda  NTT, Jelamu Ardu Marius, Karo Administrasi Pimpinan Setda NTT, Siprinus Kelen, Karo Pengadaan Barang dan Jasa Setda NTT.  Juga turut dilakukan Pengukuhan dan Pelantikan Pejabat Administrator dan Pengawas pada Perangkat Daerah lingkup Pemerintah Provinsi NTT.

 

Turut hadir pada kesempatan tersebut Sekda NTT,  para Asisten Setda NTT,  Staf Ahli,  Pimpinan OPD Lingkup Pemprov NTT,  para Rohaniwan Pendamping,  Insan Pers dan undangan lainnya. (SP Biro Humas NTT).