Yusuf Tuan:”Hargai Pendukung Saya”

Mediasi di Kecamatan gagal

0 79

KUPANG, FLOBAMORA-SPOT.COM –  kemelut Pemilihan dan penetapan Ketua RT 07 Kelurahan Bello Kota Kupang masih panjang. Pasalnya tidak ada pihak yang mau mengalah dan menerima keputusan lurah Bello.

Yusuf Tuan Pemenang dalam pemilihan Ketua RT 07 kelurahan Bello pada Desember lalu ketika dihubungi pertelpon Selasa malam (16/3/21) meminta semua pihak menghormati hak Pemilih yang telah menghantarnya sebagai calon Ketua RT terpilih. Jawaban itu dilontarkan Usu ketika Tirilolok memintanya untuk menerima keputusan Lurah yang telah memberikan SK sementara kepada Yulius Patola (suara terbanyak kedua).

 

Menurut dia, tidak ada soal baginya jika harus merelakan jabatan Ketua RT kepada Lius Patola namun suara Pendukungnya harus dihargai apalagi penetapan SK itu tanpa konfirmasi dengan dirinya.

“Hadirkan masyarakat yang ada katong dua sendiri tidak bisa. Saya salah apa ko dong buat saya begitu, karena ini pemilihan to pak”, jelas Usu.

 

Lebih jauh Ia menilai Lurah Belo tidak adil karena masih ada Ketua RT 03 Eber Tuan yang juga tidak memiliki Ijazah SMA sebagaimana disyaratkan dalam Perda Nomor 9 tahun 2016 tentang Lembaga Kemasyarakatan Kelurahan (LKK)  khususnya bagian ketiga pasal 15 huruf i  menyatakan minimal pengurus RT/RW berijasah Sekolah Menengah Atas (SMA) atau sederajat.

“Kalo ikut persyaratan ya jangan yang lain diloloskan (RT 03 Eber Tuan)”, kata Yusuf.

Ia mengatakan, mediasi yang dilakukan oleh PLT Camat Maulafa gagal menemui jalan keluar karena tidak ada pihak yang mengalah.

Penerima SK Ketua RT 07 Yulius Patola mengatakan, setelah gagal dalam mediasi tersebut ia minta agar persoalan ini dikembalikan kepada dia dan Usu Tuan. Iapun coba menemui Usu pada Selasa pagi di rumah Yusuf Tuan, namun Yusuf tetap keberatan sehingga rembuk keduanya tidak menemui hasil.

“Dalam mediasi di kantor Camat Kita tidak ada titik temu, masing-masing pertahankan posisi. Saya bilang kita kembali dulu nanti saya bicara dengan pak Usu dari hati-ke hati. Saya ketemu dia di rumahnya saya bilang kebetulan SK sudah ada jadi kami yang namanya ada di SK bertugas sudah. Terus kita sama-sama membangun Bello. Dia keberatan katanya pendukunganya tidak mau.

 

Tokoh Masyarakat Bello Corinus Tuan mengatakan, sejak awal dia sudah mendekati Yusuf Tuan namun Pendukungnya protes sehingga tidak ada penyelesaian. Ia mengatakan, sempat memberikan pandangan kepada Yulius Patola untuk rela memberikan Jabatan ketua RT kepada Yusuf Tuan.

“Kemarin saya kasih pandangan kepada pak Yulius kita kasih mereka sudah kita orang mengerti ini kita dorong dari belakang”, kata Mantan Camat Maulafa ini.

Menurut dia, Jika kembali ke belakang ada kesalahan dari Panitia Pemilihan dalam menjaring calon, namun apa mau dikata hasilnya sudah ada sehingga yang kalah siap hormat dan mendukung.

Ia mengatakan, jika Yusuf Tuan tidak jadi ketua RT penghinaan besar bagi Pemilih, karena itu Yulius Patola harus menolak SK tersebut.  “Ini kurang bagus. Kalo saya, Yulius bantu Usu karena dia orang mengerti”, pungkasnya.   (Sintus)