Kabar Gembira !! Debit Air Bendungan Tilong Terus Naik

  • Bagikan

OELAMASI, FLOBAMORA-SPOT.COM – Curah hujan yang cukup tinggi beberapa waktu terakhir membawa kabar baik bagi Pengelola bendungan Tilong dan masyarakat Kabupaten Kupang.

 

Juru Bendungan Tilong Simson Bena ketika ditemui di Area bendungan itu Senin (15/2/21) menjelaskan, curah hujan tahun ini cukup tinggi sehingga membuat debit air Bendungan Tilong terus naik. Ia mengatakan, tahun 2020 debit air Bendungan Tilong mengalami penurunan di titik paling kritis namun setelah memasuki musim penghujan debit air Tilong naik drastis karena intensitas hujan yang tinggi.

Kondisi air di Bendungan Tilong
1.40 cm lagi penuh dan tumpah keluar
Diabadikan Senin (15/2)

“Saat ini sisa 1, 40 cm air di bendungan akan tumpah dan bisa digunakan oleh masyarakat di Noelbaki, Oefafi, Oelpuah dan Oli’o”, kata dia seperti dikutip dari Buletin Radio Tirilolok.

 

Ditanya sejak kapan bendungan Tilong mengalami kritis air ia mengatakan, sejak 5 tahun terakhir mulai 2017 hingga 2020 debit air bendungan Tilong mengalami penurunan.

 

“Bendungan Tilong menerima kiriman air dari dua kali kering masing-masing kali Kiuana dan Batuna. Kalo kalinya ada air bisa terbantu ini kali kering jadi saat hujan baru Bendungan ada air”, tuturnya.

Pegawai BWS NT II SONY bersama beberapa karyawan lepas di tepi Bendungan Tilong Senin (15/2/21).

Sementara itu Sony karyawan Balai Wilayah Sungai Nusa Tenggara – BWS – NT II mengatakan, ia menyambut baik kenaikan debit air di bendungan Tilong. “Tahun ini debit air di sini cukup baik. Sedikit lagi bisa tumpah”, katan dia.

 

Lebih jauh Sony mengatakan, ia dan beberapa karyawan lepas selalu melakukan pembersihan rutin di area bendungan Tilong untuk menjaga kompleks bendungan tetap bersih. (Sintus)

  • Bagikan