Jabatan Administrator Punya Fungsi dan Peran Strategis

  • Bagikan
Kabag Prokompim Kabupaten Kupang Martha Para Ede, SH. dan puluhan Pejabat Eselon III lainnya sedang disumpah oleh Wakil Bupati Kupang Jerry Manafe Rabu, (30/12)

OELAMASI, FLOBAMORA-SPOT.COM – Wakil Bupati Kupang Jerry Manafe melantik 96 Pejabat Administrator Lingkup Pemkab Kupang, Rabu (30/12-2020) bertempat di Aula Kantor Bupati Kupang di Kota Oelamasi.

Dalam sambutannya Wakil Bupati Kupang Jerry Manafe mengatakan, jabatan Administrator memiliki peran dan fungsi strategis dalam menyukseskan kinerja Organisasi Perangkat Daerah (OPD), sehingga pejabat Administrator memiliki tanggung jawab besar dalam mensukseskan pelayanan publik yang berkualitas.

 

Jerry menjelaskan, Pejabat Administrator diharapkan dapat melaksanakan program pembangunan secara spesifik dan terukur khususnya dalam melaksanakan tugas pokok demi mencapai target pembangunan yang telah ditetapkan dalam RPJMD, rencana strategis dan rencana kerja daerah.

 

“Saat dilantik, pejabat harus membuang sikap ego sektoral, ego Dinas/OPD dan sikap mementingkan diri sendiri. Mari berkerjasama dan bergotong royong membangun masyarakat Kabupaten Kupang yang sejahtera teristimewa lewat program revolusi 5 P,”pesan Jerry.

 

Hal ini jelasnya, penting disampaikan karena tidak ada OPD yang dapat berkerja sendiri, perlu kolaborasi dan kerjasama yang baik sehingga upaya mewujudkan masyarakat yang maju, mandiri dan sejahtera bisa terwujud.

Tak lupa mantan Waket DPRD Kabupaten Kupang tersebut mengingatkan para pejabat yang dilantik untuk segera melakukan langkah-langkah konkrit yang diyakini dapat meningkatkan performance Perangkat Daerah melalui pelaksanaan prinsip-prinsip reformasi birokrasi yang ditetapkan dalam grand design reformasi birokrasi tahun 2010-2025, yang diimplementasikan dalam hasil terukur, efisien, efektif, realistis, sinergi serta patuh terhadap ketentuan perundang-undangan.

 

Dirinya juga menegaskan agar pejabat yang telah berpindah tugas di OPD baru dapat mengembalikan barang/aset yang digunakan di tempat tugas lama dan tidak dibawa pindah ke tempat kerja baru.

Terhadap oknum yang melanggar saya tidak segan untuk memerintahkan Pol PP melakukan tindakan penjemputan di rumah”, tegasnya.

 

Pada akhir sambutannya, Wabup Jerry berpesan agar Pejabat Adminsitrator yang telah diberikan kepercayaan dapat melaksanakan tugas pokok dan fungsi dengan sebaik-baiknya, menjalin komunikasi dan koordinasi secara efektif didalam OPD maupun lintas OPD.

 

“Maknai sumpah dan janji ini sebagai bentuk pengabdian untuk membangun dan melayani masyarakat Kabupaten Kupang yang kita cintai,”pesannya.

 

Tak luput dalam sambutannya tersebut Wabup Jerry juga mengucapkan Selamat Natal dan selamat memasuki Tahun baru 2021, seraya berharap sukacita dan damai sejahtera tersu bergema dalam kehidupan kita dan menjadi inspirasi dan semangat dalam berkerja dan berkarya membangun Kabupaten Kupang.

Turut hadir pada kegiatan tersebut Sekda Kab. Kupang Obet Laha, Asisten I Chrispinianus Patmawan, Asisten III Victoria Kanahebi dan Forkompimda Kabupaten Kupang diantaranya Kapolres Kupang AKBP Aldinand Manurung, S.Ik, Perwakilan Kejaksaan Oelamasi. (BS/HUMAS).

  • Bagikan