Fidelus:”Debat, Mengasah Public Speaking”

  • Bagikan
Penyerahan penghargaan kepada Tim yang menjuarai lomba oleh Wakil Dekan (WD)1 Fakultas Ilmu Sosial san Ilmu Politik ( Fisipol) Fidelis A. Tanun, S. Sos., S.Fil Jumat (27/11)

KEFAMENANU, FLOBAMORA-SPOT.COM – Universitas Timor ((Unimor) menginisiasi kegiatan Debat antar Fakultas se-Universitas Timor. Debat dengan Tema “Revolusi Industri 4.0 Peluang dan Tantangan Mahasiswa” diikuti 12 TIM yang mendaftar  dan lulus dalam penulisan essay. Peserta lomba berasal dari Prodi Administrasi Negara, Ilmu Pemerintahan, Pendidikan Matematika, Agribisnis, Ekonomi Pembangunan, Unimor dan juga ada dari STKIP Surya Kasih.

“Kegiatan tersebut bertujuan untuk mengasah public speaking, keterampilan serta skill yang dimiliki oleh setiap mahasiswa, juga untuk merumuskan pikiran dengan kata-kata yang tepat dengan kesanggupan argumentasi yang meyakinkan melalui komunikasi verbal kekritisan”, Kata WD 1 Fisipol Fidelus A. Tanun, S. Sos., S.Fil Usai penyerahan hadiah kepada juara I, II, III, dan IV di Aula Fisipol, Universitas Timor, Timor Tengah Utara ( TTU) Jumat, (27/11).

 

Ketua program studi Ilmu Pemerintahan, Yakobus Kolnel, S. Ip., M.Si mengharapkan agar ke depan bisa membuka sayap dengan kampus-kampus lain di TTU bahkan di tingkat provinsi. “Hal tersebut memacu mahasiwa untuk mengkritisi, melihat fenomena-fenomena sosial dalam masyarakat serta memacu mahasiswa bersaing di tengah masyarakat,”jelasnya.

Yakobus menambahkan, juara itu ditentukan oleh peserta lomba debat sendiri melalui penilaian para dewan juri.

Makarius Erwin Bria, S. Pd.,M.Pd selaku Ketua Panitia kegiatan lomba debat dalam laporannya mengatakan, perubahan yang terjadi di era Revolusi Industri 4.0 lebih tepatnya pada teknologi. Kondisi Indonesia dan seluruh belahan dunia dilanda pandemic covid-19, mengharuskan manusia menguasai teknologi dalam menjawab kebutuhan dunia pendidikan melalui Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ), yang merupakan latar belakang tema tersebut.

‘’Dari teknologi dapat merambat ke segi ekonomi, politik, sosial, budaya, dan merambat ke dunia pendidikan”, katanya.

 

Sesuai hasil penilaian tim Juri, juara I debat tersebut adalah Tim 05 atas nama Asry Melani Alays, Maria Rosanti Kolo dan Metriana Nabuasa, juara 2 Tim 10,  juara 3 Tim 07, juara 4 Tim 01. ( SANTI KOLO)

  • Bagikan