Scroll Ke bawah untuk melanjutkan

DPRD Sumba Tengah “Belajar” Produksi Garam di Kabupaten Kupang

OELAMASI, FLOBAMORA-SPOT.COM – Dalam rangka sharing informasi pembangunan, DPRD Kabupaten Sumba Tengah melakukan kunjungan kerja di Kabupaten Kupang. Selain tertarik dengan kegiatan Pertanian dan peternakan di Kabupaten Kupang, Wakil Rakyat Kabupaten Sumba Tengah juga ingin belajar pengembangan produksi garam di Kabupaten Kupang yang saat ini sedang berkembang pesat.

 

Dari Sumba Tengah hadir Ketua DPRD Sumba Tengah, Tangela Ibisola, Wakil Ketua DPRD Umbu Neka Lelung dan anggota DPRD yang diterima langsung oleh Wakil Bupati Kupang Jerry Manafe didampingi Sekda Obet Laha, Jumat (22/10-2020) di kantor Bupati Kupang, Oelamasi.

 

Dalam sambutannya Ketua DPRD Sumba Tengah Tangela Ibisola menyatakan harapannya lewat kunjungan kerja ini terbangun silaturahmi dan hubungan kekeluargaan antara Pemerintah Sumba Tengah dan Kabupaten Kupang.

 

Menurut dia, Kabupaten Sumba Tengah merupakan Pemekaran dari Kabupaten induk Sumba Barat dan masih tergolong Kabupaten baru yang perlu banyak belajar dan membangun silaturahmi dengan daerah-daerah lain di NTT salah satunya di Kabupaten Kupang.

 

Ia menjelaskan, Sumba Tengah memiliki potensi tambak garam yang lumayan besar namun hingga saat ini belum dikelola dengan baik.

 

“Artinya masih berupaya membangun relasi dengan para investor untuk menanamkan modalnya dan mengembangkan tambak garam di Sumba Tengah”, ujarnya.

 

Ia berharap, Melalui kesempatan ini, dirinya bersama semua Anggota DPRD Kabupaten Sumba Tengah berharap melalui kunjungan kerja ini ada transfer ilmu demi pengembangan produksi garam di Sumba Tengah.

 

Mengenai bidang Peternakan Sumba Tengah mengembangkan peternakan sapi ongole yang sangat potensial, sementara untuk Pertaniannya dikembangkan melalui program tanam jagung dengan diresmikannya Food Estate oleh Menteri Pertanian September lalu.

 

Wakil Bupati Kupang Jerry Manafe mengucapkan selamat datang di Kabupaten Kupang kepada Pimpinan dan Anggota DPRD Sumba Tengah.

 

Jerry menjelaskan, pola pengembangan pembangunan di Kabupaten Kupang melalui revolusi 5 P yakni berkerja secara revolusioner pada bidang Pertanian, Peternakan, Perkebunan, Perikanan dan Pariwisata.

 

Terkait pengembangan garam, Jerry menjelaskan sudah lama dikerjakan masyarakat melalui usaha garam rakyat dan saat ini mulai berkembang dengan masuknya investor/ pengusaha.

 

Kabupaten Kupang jelasnya sangat didukung kondisi alam dengan garis pantai yang panjang, kadar garam yang tinggi dan panas yang lama sehingga sangat baik untuk pengembangan produksi garam.

 

Terkait pola kerjasamanya dengan sistem bagi hasil kepada masyarakat pemilik lahan, pemerintah dan menyerap pekerja lokal.

“Tentu pengembangan produksi garam berhasil karena kasih Tuhan melalui cuaca yang baik, panas dan menghasilkan produksi garam terbaik yang tidak kalah kualitasnya dari garam di jawa,” Jelasnya.

 

Lebih lanjut Jerry mengapresiasi niat baik Wakil rakyat Sumba Tengah datang di Kabupaten Kupang untuk bertukar informasi pembangunan, saling belajar bersama untuk membangun masyarakat yang lebih sejahtera.

 

Terkait Pertanian salah satu yang dikerjakan ialah program tanam jagung panen sapi dimana Kabupaten Kupang diberi jatah yang besar hingga 2.600 ha dan sudah dikerjakan hingga bisa dikirim ke Jawa dengan total 800 ton.

Usai dialog rombongan dibawa ke lokasi Pengelolaan garam di kabupaten Kupang.
(BS/Humas).

  • Bagikan