Scroll Ke bawah untuk melanjutkan

Merakyat, Diajak Bikin Jambanpun Babinsa Mau

OELAMASI, FLOBAMORA-SPOT.COM – Menyatu dengan Rakyat. Itulah sikap rendah hati yang ditunjukkan Serda Manuel Lopes Babinsa Koramil 1604-02/Camplong.

 

Serda Manuel membantu salah satu warga binaannya membuat jamban di rumah Bapak Ayub Malafu bertempat di Rusun 01 RT 002 RW 002 Desa Sillu Kecamatan Fatuleu Kabupaten Kupang, Selasa (20/10/20).

 

Babinsa Serda Manuel mengatakan membantu membuat jamban milik Bapak Ayub Malafu baginya merupakan suatu kewajiban.

 

“Ini sudah menjadi kewajiban saya selaku Babinsa, bukan hanya pembuatan jamban ini saja, apapun masalah yang dihadapi warga, saya dengan senang hati dan tulus ikhlas akan membantunya,” ujarnya.

 

Serda Manuel Lopes menambahkan dengan turun langsung di tengah masyarakat seperti sekarang ini, dia bisa tahu situasi dan kondisi yang sedang di tengah warga binaan.

 

“Apapun masalah yang ada di tengah masyarakat, kami aparat teritorial khususnya Babinsa sebisa mungkin berusaha hadir dalam segala sektor,” ungkap Serda Manuel.

 

“Dengan ikut membantu Bapak Ayub membuat jamban, diharapkan pekerjaan cepat selesai dan jamban bisa secepatnya digunakan sehingga memudahkan Bapak Ayub untuk buang air besar maupun kecil,”  tuturnya.

 

Danramil Koramil 1604-02/Camplong Kapten Inf Camilo Dos Santos menyampaikan Kemanunggalan TNI dengan Rakyat, bisa diwujudkan dengan berbagai bentuk kegiatan, salah satunya seperti yang dilakukan Babinsa Desa Sillu di atas. Dengan membantu membuat jamban, merupakan salah satu contoh wujud nyata dari implementasi delapan wajib TNI, yaitu “Menjadi contoh dan mempelopori usaha-usaha untuk mengatasi kesulitan rakyat sekelilingnya”.

 

“Membantu warga, terutama dalam pembuatan jamban keluarga, berarti juga turut menciptakan lingkungan/pemukiman warga yang bersih dan sehat karena dengan adanya jamban di setiap rumah atau keluarga, berarti telah membuat dan menyadarkan warga untuk tidak membuang kotoran atau Buang Air Besar (BAB) di kali atau tempat yang tidak selayaknya,” tuturnya.

 

Danramil menambahkan kegiatan ini juga merupakan wujud Karya Bakti TNI untuk kepentingan masyarakat, menjalin komunikasi sosial dengan masyarakat, serta meringankan beban masyarakat dalam rangka memantapkan Kemanunggalan TNI dengan Rakyat. (Pendim1604/Kupang)

  • Bagikan