Orang Sekitar Paus Fransiskus Terpapar Covid-19

0 86

VATICAN, FLOBAMORA-SPOT.COM – Kabar duka datang dari lingkaran Paus Fransiskus di Vatikan Roma.

 

Baru-baru ini sejumlah media terkemuka melaporkan, Covid-19 telah menyebar di sekitar Paus Fransiskus, kepala negara kota Vatikan dan pemimpin gereja Katolik.

 

Saat ini sebanyak 11 orang dari pengawal Swiss Paus Fransiskus dinyatakan positif virus corona.

 

Paus Fransiskus yang kini berusia 83 tahun ini amat rentan karena umur, berat badan, dan masalah kesehatan.

 

Paus Fransiskus dikritik ini karena melanggar aturan jarak sosial.

Media terkemuka Dailymail.co.uk melaporkan, para penjaga berjaga-jaga di luar Vatikan dan cenderung menemani Paus ke acara resmi.

 

Paus Fransiskus sangat rentan terhadap Covid-19 karena usia, berat badan, dan kehilangan sebagian dari satu paru-parunya selama penyakit masa kanak-kanak. Ia sering dimonitor untuk virusnya.
Paus Fransiskus telah dikritik dalam beberapa pekan terakhir karena tampak mengabaikan aturan jarak sosial dan tidak mengenakan topeng ketika berbicara di depan banyak orang di Lapangan Santo Petrus.

 

Dia juga pernah difoto sedang mencium tangan beberapa orang yang dia temui dalam tugasnya.

 

Namun, pemimpin asal Argentina yang suka berteman itu tampaknya telah mendengar kritik tersebut dan minggu ini berjanji untuk lebih waspada.

 

Pada audiensi mingguannya pada hari Rabu, dia meminta maaf kepada kerumunan karena menyapa mereka dari kejauhan.

 

“Saya yakin jika kita semua, sebagai warga negara yang baik, menghormati resep dari pihak berwenang, itu akan membantu mengakhiri pandemi ini”, katanya.

 

Terlepas dari komentarnya kepada para jemaah, Fransiskus digambarkan tanpa topeng pada hari Jumat selama audiensi dengan Christian Wulff, mantan presiden Republik Federal Jerman.

 

Minggu lalu, Vatikan memberlakukan pembatasan virus corona baru termasuk penggunaan masker setiap saat, termasuk saat berada di luar ruangan, dan mempraktikkan jarak sosial.

Sumber: fotokita.net