Jubir Gugas Ingatkan Masyarakat Kabupaten Kupang Untuk Tidak Takut Corona Tapi Waspada

0 106

KUPANG, FLOBAMORA-SPOT.COM – Setuju atau tidak Status Zona Hijau yang disandang Kabupaten Kupang sudah berubah setelah ditemukannya satu pasien Corona Virus disease 2019 (Covid-19) Senin (13/7/20). Seluruh pemangku kepentingan di kabupaten Kupang terhenyak dengan berubahnya status dari Zona Hijau ke Merah. Masyarakat diminta untuk tidak was-was atau takut.

“Kita tidak perlu takut tapi tetap waspada. Taati Protokol Kesehatan Pake masker, jaga jarak, cuci tangan, hindari kerumunan banyak orang”, jelas Juru Bicara Gugus Tugas Covid-19 Kabupaten Kupang Thom R Sonbait pada Peluncuran Website Desa Baumata Barat Kamis (16/7/20).

 

“Pasien itu merupakan Pelaku Perjalanan. Dia Karyawan Kapal Listrik di Bolok baru pulang dari luar daerah tanggal 7 langsung dikarantina Mandiri. Dia sakit pada tanggal 8 Juli lalu dilarikan ke Rumah sakit Siloam pada tanggal 10 Juli karena batuk, panas, diambil swab, menunggu hasilnya dan pada tanggal 13 Juli dinyatakan positif Covid-19 sesuai hasil swab tersebut”, jelasnya lagi.

Ia menambahkan, selama ini pelaksanaan Protokol Covid-19 di Kabupaten Kupang sangat ketat sehingga sejak Akhir Februari – Juli data Pasien Covid-19 masih kosong. “Jadi Bupati mengambil langkah lewat Gugus Tugas khusus bagi PMI asal Kabupaten Kupang tetap dilakukan protocol Covid-19. Yang perlu perhatian khusus adalah pelaku perjalanan dari Zona merah ke Kabupaten Kupang”,tegasnya.

Ia mengegaskan, pihaknya sudah berkoordinasi dengan Pihak KKP Baik Bandara maupun Pelabuhan laut untuk mengawasi lebih ketat Pelaku perjalanan yang masuk ke Kabupaten Kupang.

“Betul-betul diperhatikan secara khusus supaya mencegah terjadinya penularan seperti itu”, ucap dia.

(sintus)