Gerakan Kupang Hijau Segera Digelar

0 172

 

KUPANG, FLOBAMORA-SPOT.COM – Gerakan Kupang Hujau yang dicetuskan Pemeritnah Kota Kupang dalam waktu dekat akan digelar. Untuk memantapkan persiapannya Walikota Kupang, Dr. Jefirstson R. Riwu Kore, MM, MH menggelar rapat persiapan pada Rabu (1/7) bertempat di Rumah Jabatan Walikota Kupang. Usai membuka, rapat dilanjutkan dipimpin Pelaksana Tugas Direktur Utama Bank Pembangunan Daerah Nusa Tenggara Timur (Plt. Dirut Bank NTT) selaku Ketua Gerakan Kupang Hijau (GKH), Harry Alexander Riwu Kaho dengan agenda persiapan pelaksanaan aksi tanam pohon dan bersepeda bersama dalam rangka Gerakan Kupang Hijau (GKH).

“Pemerintah Kota Kupang akan terus fokus pada pelestarian lingkungan perkotaan, selain bertujuan untuk mempercantik wajah kota ini, gerakan ini juga bermanfaat jangka panjang karena dengan menanam pohon akan berdampak pada peningkatan jumlah dan kualitas debit air tanah demi memenuhi kebutuhan air bersih bagi masyarakat Kota Kupang,” kata Walikota.

Ketua GKH, Alex Riwu Kaho, menyampaikan bahwa pesatnya pembangunan khususnya di wilayah perkotaan berdampak buruk pada kondisi lingkungan terutama kualitas udara dan air yang sangat penting bagi kehidupan umat manusia. Hal tersebut juga terjadi di wilayah Kota Kupang, dimana pembangunannya juga mengalami pertumbuhan pesat sehingga dikhawatirkan mengurangi cakupan wilayah hutan kota.

“Wilayah pembangunan yang bertambah luas dikhawatirkan berdampak jangka panjang bagi lingkungan, oleh karena itu perlu upaya pelestarian jangka panjang. Inilah yang mendasari pelaksanaan Gerakan Kupang hijau melalui aksi tanam pohon dan gowes atau bersepeda bersama pada 11 Juli mendatang yang akan kita mantapkan bersama dalam rapat ini,” ujar Alex Riwu Kaho.

Menurut dia, 50 mitra telah menyatakan siap untuk mendukung dan berpartisipasi pada kegiatan GKH ini.

“Sementara itu, beberapa persiapan yang telah dilakukan yaitu penggalian lubang tanam telah mencapai 150 lubang hingga hari Rabu (1/7) dan akan terus berlanjut dan dipastikan sebelum pelaksanaan kegiatan, lubang tanam sudah siap. Terima kasih atas bantuan Dinas PUPR Kota Kupang yang telah membantu pekerjaan penggalian lubang tanam tersebut”, ucap dia. (PKP_jms)