Tiga Kasus Dari Manggarai dan Sikka Menambah Jumlah Positif Covid

0 271

KUPANG, FLOBAMORA-SPOT.COM-Pemeriksaan 48 sampel Swab di Laboratorium Biomolekuler RSUD W.Z Johannes Kupang menambah 3 kasus positif Covid-19 di Nusa Tenggara Timur.

Sekretaris Gugus Tugas  Covid-19 Provinsi NTT drg. Dominikus Minggu Mere kepada Media di Dinas Kesehatan Provinsi NTT, Rabu (20/5) menjelaskan dengan adanya penambahan 3 kasus positif Covid-19, maka kasus di NTT menjadi 79. Dua kasus dari Manggarai klaster Gowa dan 1 kasus di Maumere.

“Satu kasus dari Maumere belum diketahui dari klaster mana. Tetapi kemungkinan besar dari kluster Gowa juga,” jelas drg. Domi.

Ia mengatakan pentingnya kabupaten/kota melakukan penelusuran untuk mengantisipasi penyebaran virus yang lebih luas.

 

“Dinas Kesehatan Manggarai Barat maupun Sikka perlu melakukan tracking yang ketat supaya mengetahui betul siapa saja yang telah berkontak erat dengan para pasien ini,” ujarnya.

 

Ia mengatakan semua pokja gugus tugas baru saja melakukan rapat evaluasi yang dipimpin Sekda NTT Ben Polomaing dan dilengkapi dengan presentasi dari Max Ndi’i, doktor tamatan Australia yang adalah ahli matematika.

 

Menurut prediksi Max, pada minggu ke-6, satu orang pasien Covid-19 bisa menularkan ke tiga orang lain.

“Jadi minggu ke-6 dihitung sejak bulan April lalu, maka diperkirakan ada 81 kasus Covid-19 yang terkonfirmasi positif menurut prediksi itu dan ternyata prediksinya sama. Karena baru minggu ke enam NTT sudah 79 kasus postif Covid-19 terkonfirmasi,” jelas drg. Domi.

Menurutnya, Max memberi saran bagi Pemprov NTTaupun pemkab/pemkot untuk melakukan pembatasan sosial. Tujuannya, untuk mencegah terjadinya transmisi lokal.

Urutan tertinggi positif Covid-19 yakni Kabupaten Sikka sebanyak 27 kasus diikuti Kota Kupang 18 kasus, Manggarai Barat 14 kasus, Sumba Timur 7 kasus, Ende 6 kasus, Rote Ndao 2 kasus, TTS 2 kasus, Nagekeo 1 kasus, Flotim 1 kasus, dan Manggarai 1 k.

“Jadi, saat ini total terkonfirmasi positif Covid-19 sebanyak 79, sembuh 6 orang dan meninggal 1 orang”; pungkasnya. (Sintus)

Sumber:victorynews.id
Pewarta:bev/ol)