Besok Pesawat Komersial Dari Dan Ke NTT Dihentikan Sementara

0 292

KUPANG, FLOBAMORA-SPOT.COM-Guna memutus mata rantai penyebaran Virus Covid-19 diseluruh Indonesia PT Angkasa Pura I mulai Sabtu, (25/04/20) hingga 01 Juni 2020 tidak lagi mengoperasikan pesawat komersial khusus untuk mengangkut Penumpang ke semua lintasan. Hal yang sama berlaku untuk semua jalur penerbangan di Indonesia termasuk Semua Bandara yang ada di Wialayah Nusa Tenggara Timur.

Tidak dilayaninya penerbangan komersial khusus untuk penumpang orang tersebut telah diberlakukan di Bandara se -Indonesia untuk penerbagan jenis komersial sesuai dengan Peraturan Menteri Perhubungan Nomor 25 Tahun 2020 tentang Pengendalian Transportasi Selama Masa Mudik Indul Fitri Tahun 1441 Hijryah Dalam Rangka Pencegahan Penyebaran Virus Covid-19.

Hal tersebut disampaikan General Manager PT Angkasa Pura I Bandara El Tari Kupang, Barata Singgih saat dihubungi media ini pada Jumat, 25/04/2020.

Menurutnya, pelayanan penerbangan khusus penumpang untuk semua Penerbangan yang keluar dari Wilayah Kupang (Bandara El Tari) Kupang hari ini di layani hingga jam 10:00 pagi waktu setempat (WITA).

“untuk penerbangan keluar dari NTT kita layani batas hari ini saja hingga jam 10:00 pagi dan untuk besok tidak ada lagi.”ujarnya

Dikatakan, untuk Penerbangan Komersial yang masuk ke Kupang diberikan batas waktu hari ini hingga jam 1 siang atau tepat pukul 13:00 WITA.

“kalau siang, untuk penerbangan yang masuk ke Kupang hanya dilayani sampai pada pukul 13:00 siang dan akan di tutup untuk pelayanan penumpang.” katanya.
Dijelaskan, penutupan penerbangan ini hanya khusus untuk pelayanan penerbangan komersial atau angkutan penumpang, sementara untuk pelayanan barang dan jasa tetap dilayni jika ada.

Sementara itu, Juru Bicara Covid 19 Gugus Tugas Percepatan penanggulangan Covid 19 yang juga Kepala Biro Humas dan Protokol Setda Provinsi NTT, Dr. Jelamu Ardu Marius, M.Si dalam keterangan Persnya di Ruang Biro Humas Setda NTT pada Kamis, 23/04/2020 di Kupang mengatakan, meski bandara saat ini telah di tutup untuk penumpang, tetapi pemerintah Daerah memiliki sejumlah langkah untuk menangani Covid-19 di NTT mengingat seluruh kebutuhan untuk penanganan Covid-19 didatangkan dari luar NTT.

“Pemerintah Daerah tentu memiliki sejumlah langkah untuk antispasi dan tatap melayani penerbangan dari dan ke Kupang untuk mengangkut kebutuhan penanganan covid-19 di NTT terutama untuk pengiriman sampel SWab”. Ujar Jelamu.

Dikatakan, jika keadaan mendesak maka, Pemerintah Daerah bisa menyewa pesawat khusus untuk pelayanan penanganan covid-19.

“jika keadaan mendesak Pemerintah Daerah bisa menyewa pesawat khusus untuk mengangkut tenaga medis jika di Butuhkan di Kabupaten lain di NTT”. Sebut Jelamu. (sintus)

Sumber: obor-nusantara.com.
Pewarta: wr/nora