Scroll Ke bawah untuk melanjutkan

 Walikota Kupang Jadi “Kelinci” Percobaan Alat Test Corona ?

Walikota Kupang Dr. Jefri Riwu Kore, MM. MH jalani Test Corona di Kupang Sabtu (28/3/20)

KUPANG, FLOBAMORA-SPOT.COM – Saat ini semua orang sangat mungkin kena Coronavirus diseas 2019 (Covid – 19). Tak ketinggalAN Walikota Kupang.

Untuk memastikan orang Nomor Satu di Kota Kupang itu bebas Covid-19, Dinas kesehatan Kota Kupang  mengambil langkah cepat, memeriksa Walikota Kupang pada Sabtu (28/3/20), setelah menerima Rapid test dari pemerintah Provinsi sehari sebelumnya.

Sesuai Rilis yang disebarkan Bagian Prokompim Setda Kota Kupang disebutkan, Selain Walikota Kupang, Ketua Tim Penggerak PKK Kota Kupang, Ny. Hilda Riwu Kore Manafe juga turut menjalani rapid Test Covid-19 didampingi Kepala Dinas Kesehatan, drg. Retnowati, M.Kes.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Kupang, drg. Retnowati, M.Kes menjelaskan bahwa ini merupakan pertama kalinya rapid test Covid-19 dilaksanakan di Kota Kupang.

“kami laksanakan pertama kali pada Bapak Walikota Kupang serta ibu dan selanjutnya Bapak Wakil Walikota juga akan menjalani tes. Langsung kami laksanakan setelah alat rapid test diterima dari Pemerintah Provinsi NTT. Dan kebetulan juga mengingat bapak Walikota dan bapak Wakil Walikota Kupang beberapa waktu lalu pernah ke luar daerah,” ujar Kadis.

Walikota Kupang kurang lebih 13 hari yang lalu tepatnya tanggal 15 Maret 2020 hadir dalam Kongres yang dilaksanakan Partai Demokrat di Jakarta dan menurut informasi salah satu pesertanya telah dinyatakan positif Corona. Selain itu Jakarta kini telah masuk kategori zona merah Covid-19,

“alhamdulilah hasil tes Bapak Wali tadi negatif, tes ini merupakan bagian upaya kita dalam mencegah penyebaran Covid-19 yang semakin meluas di Indonesia sekaligus tanggungjawab kami untuk melayani kesehatan kepala daerah,” jelas drg. Retno.

Dia menjelaskan, cara kerja alat rapid test adalah untuk melihat adanya antibodi dalam sampel darah. Pada test kit tersebut, terdapat 3 keterangan yang bertuliskan C, IgG, dan IgM, “Kalau ada garis di C saja berarti negatif, kalau ada garis di C dan IgG atau IgM artinya positif. Jika hasilnya negatif berarti tidak ada virus. Virus corona baru bisa dilihat dalam waktu 7-10 hari setelah terjangkit. Jika baru terjangkit masih sulit dideteksi. Bapak Wali sendiri sudah 13 hari berada di Kupang setelah pulang dari Jakarta. Jadi kalau saat itu baru pulang langsung dites virusnya masih sulit dideteksi. Lagipula alatnya juga baru datang dan Bapak Wali sudah 13 hari semenjak pulang dari Jakarta. Kita bersyukur hasil tesnya negatif,” ujar Kadis.

Menurutnya, ke depan rapid test akan dilakukan untuk umum, sebagai salah satu upaya deteksi dini terhadap penularan Covid-19, terlebih khusus untuk mereka yang masuk kategori orang dalam pengawasan (ODP), “Alat yang tersedia baru satu unit dan masih sulit mendapatkannya. Tapi kami sedang berupaya menambah alat Rapid Test ini,” ujarnya. Mantan Kepala Dinas Sosial Kota Kupang itu.

Ia mengatakan tes yang dilakukan ini bukan untuk partai tertentu atau orang-orang tertentu. Menurutnya, siapapun bisa lakukan tes menggunakan rapid test. Namun saat ini Dinas Kesehatan Kota Kupang mengutamakan mereka yang masuk kategori ODP. (PKP/Sintus)

  • Bagikan