Hanya 1 PDP Dari 7 Orang Yang Dirawat di RS

0 1.001

KUPANG, FLOBAMORA-SPOT.COM – Pihak Dinas Kesehatan Provinsi Nusa Tenggara Timur menyampaikan perkembangan data terkini terkait Orang Dalam Pemantauan (ODP) Covid-19 di Provinsi NTT. Sesuai data ada 1 pasien Dalam Pengawasan dari 7 pasien yang dirawat di Rumah sakit-rumah sakit di NTT.

“Dari 254 ODP itu sebagian besar melakukan karantina atau Isolasi mandiri di rumah yakni sebanyak 221 orang, yang dirawat 7 orang jadi kondisi sampai dengan saat ini 228 orang. 26 orang sudah dikembalikan. Pasien dalam pengawasan (PDP) ada 1 orang di rawat di rumah sakit Komodo Kabupaten Manggarai Barat, di rumah sakit W.Z. Yohannes Kupang 4 orang, TC Hillers 1 orang, Umbu Rarameha 1 orang, Rumah Sakit Ben Mboi 1 orang dan di Rumah Sakit Komodo 1 orang. Dengan demikian hanya 1 orang di NTT yang berstatus PDP atau Pasien Dalam Pengawasan”, jelas Kadis Kesehatan Provinsi NTT Drg. Dominikus Minggu Mere dalam ketrangan Kamis sorw (26/3/20).

Dr. Domi menjelaskan, Terkait sampel darah yang dikirim ke Laboratorium Puslitbang Kementerian Kesehatan RI di Jakarta ada 19 sampel.

“5 sudah diketahui hasilnya negatif; termasuk dua sampel yang dirawat di Maumere dan pasiennya berasal dari Lembata. Hasilnya sudah kita peroleh hari ini (kemarin) dan sudah disampaikan kepada para pihak. Kemudian yang 14-nya kita masih menunggu hasil dari Kementerian Kesehatan,” kata dia.

Ia menambahkan pihaknya bekerja berdasarkan laporan notifikasi dari kabupaten.

“Saya tidak bekerja berdasarkan berita yang ada. Jadi untuk pelaporan ODP dan atau PDP system pelaporannya berdasarkan pedoman yang sudah disepakati,” tegas dokter Domi.

Ia mengajak maayarakat untuk tetap tinggal di rumah sambil berdoa agar coronavirus tidak masuk ke NTT.