Scroll Ke bawah untuk melanjutkan

Pemuda Sikumana Ajak Masyarakat Cegah Covid – 19 Dengan Mengisolasi Diri

Sikumana Putra (SIPUT) Kota Kupang Minta masyaraakt mengisolasi diri demi mencegah Covid - 19 pada Selasa (24/3/20)

KOTA KUPANG, FLOBAMORA-SPOT.COM –  Menghadapi  perkembangan penyebaran covid -19 di Indonesia, pemuda dan veteran Sikumana, tidak tinggal diam. Mereka ikut mendukung Program yang sedang dilakukan Pemerintah Kota Kupang dengan  menjaga kebersihan agar terhidar dari virus Corona.

“Saya mengimbau, masyarakat untuk menjaga Kebersihan, mengisolasi diri dan mengajak seluruh warga kota Kupang untuk menahan diri, tidak beraktifitas dengan banyak orang atau berkumpul dengan teman-teman di taman-taman dan di pusat keramaian lainnya yang beresiko penularan covid-19 di wilayah Kota Kupang”, jelas Ketua Sikumana Putra  (SIPUT) Kota Kupang, Apolos Frare, Selasa (24/3/2020.

Menurut Apolos, tingkat penyebaran virus corona atau covid-19 yang begitu cepat dan massif, membuat warga harus menjaga jarak (social distance) dalam berbagai aktifitas, atau dengan kata lain kita dilarang berdekatan. Langkah ini penting untuk menghentikan atau setidaknya memperlambat kecepatan penyebaran virus corona.

“Kita minta masyarakat untuk tetap menjaga jarak di berbagai tempat-tempat umum. Dengan melakukan langkah demikian, orang yang terinfeksi virus, baik yang menunjukan gejala sakit maupun yang tampak serta, tidak menularkan virus ke orang-orang sehat,” ujarnya.

Ia menjelaskan, salah satu cara terbaik sebagaimana yang dianjurkan pemerintah untuk mencegah diri terpapar virus corona, yakni, menjaga kesehatan diri seperti mencuci tangan pakai sabun, hand sanitizer, hindari menyentuh atau mengusap wajah, serta meningkatkan perilaku hidup bersih dan sehat.

“Kebanyakan orang tertular langsung akibat menghirup percikan batuk atau napas orang sakit. Orang bisa tertular virus karena menyentuh permukaan benda yang tercemar percikan batuk dan napas orang sakit,” katanya.

Ia juga mengapresiasi setinggi-tingginya kepada dokter dan paramedis yang dengan sekuat tenaga, rela berkorban berada di garda terdepan untuk menghadapi bencana covid-19,” tandasnya.

Sebagaimana update data Pemerintah untuk covid-19 hingga senin (23/03/2020), tercatat penambahan 65 kasus baru pasien positif covid-19. Sehingga total ada 576 kasus pasien potif covid-19. Dari data tersebut, rincian sebaran kasus penularan covid-19 terjadi di 22 provinsi di Indonesia. (Rjb / Sintus)

 

Sumber : Patrolicia.com/kupang

 

 

 

  • Bagikan