Kabupaten Kupang Jadi Contoh Penyiapan Pakan Ternak

0 403

OELAMASI, FLOBAMORA-SPOT.COM – Kabupaten Kupang memiliki luas lahan yang telah ditanami Lamtoro Teramba sebesar 425 hekto are. Penanaman pakan ternak sapi itu dilakukan kelompok tani Ambana satu dan Ambana dua.

“Kita Optimis Kabupaten Kupang menjadi contoh Penyiapan pakan ternak di NTT”, Kata Asisten II Sekda Kabuapten Kupang Jemy Ully kepada flobamora-spot.com Rabu (19/2).

Menurut dia, Penanaman dilakukan kedua kelompok itu sejak 2 Minggu lalu (awal Februari 2020).

“Selain yang baru ditanam ada 375 HA lahan Lamtoro yang siap dipanen di desa Tolnako Kecamatan Fatuleu”, tambah dia lagi.

Ia mengapresiasi Tim ad hock yang dibentuk pemerintah provinsi Untuk menangani pakan ternak yang telah melakukan pendampingan secara baik terhadap kelompok-kelompok tani di Kabupaten Kupang.

“Sesuai rencana tanggal 23 Februari ini Gubernur akan turunkan ternak bagi Kelompok Tani yang sudah siap dengan Pakan”, jelas Ully.

Lebih jauh Jemy mengatakan, penyiapan pakan ternak akan dilakukan di 149 desa di kabupaten kupang yang memiliki lahan. “Setelah pakan siap baru pengadaan Ternak. Ini salah satu upaya Pemerintah mendorong Program Revolusi 5P (Pertanian, Perkebunan, Peternakan, Perikanan kelautan dan Pariwisata) khususnya Peternakan”, kata dia.

Sementara itu Kadis Peternakan Kabupaten Kupang Lecky Matte mengatakan, jumlah populasi ternak sapi sebanyak 225. 799 ekor dengan luas padang pengembalaan secara keseluruhan 112.075 Ha.

“Selain Sapi masyarakat Kabupaten Kupang juga beternak Babi, Ayam, Kambing dan jenis hewan lainnya”, pungkasnya.